23.3 C
Bogor
Saturday, July 13, 2024

Buy now

spot_img

Studi Tiru ke Desa Gunung Putri, Kepala Desa Sariharjo Berharap Bisa Terapkan Administrasi Pajak

Gunung Putri | Jurnal Bogor

Pemerintah Desa Gunung Putri, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor mendapatkan kunjungan dari Desa Sararjo, Kecamatan Kapanewon Ngaglik, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (29/9/23).

Dalam kunjungannya, perangkat Desa Sariharjo yang didampingi Camat Kapanewon Ngalik mengaku tertarik dengan sistem administrasi pajak yang diterapkan oleh Pemdes Gunung Putri. Dimana, selama 3 kali berturut-turut mendapatkan predikat desa lunas pajak.

Kepala Desa Sariharjo H. Sarbini, S.Sos mengatakan dia membawa 50 orang yang merupakan perangkat Desa Sariharjo. Studi Banding yang dilakukan ini semata untuk melihat tertibnya administrasi yang dilakukan oleh Pemdes Gunung Putri. H.Sarbini menyebut, memang ada sebagian program yang ada di Desa Gunung Putri ini sudah terbentuk di Desa Sariharjo.

” Hanya saja, memang program terusan yang dilakukan oleh Pemdes Gunung Putri itu yang belum kami miliki. Ditambah lagi adanya CCTV yang tersebar di setiap gang dan wifi itu akan jadi acuan kami untuk meningkatkan program seperti ini,” ungkap H.Sarbini.

H.Sarbini menyebut, jika wifi sudah ada di lingkungan Desa Sariharjo, namun memang belum menyeluruh seperti Desa Gunung Putri. Kedepannya hasil dari kunjungan ini akan dibawa kedalam rapat untuk dijadikan pembahasan.

Sementara Camat Kapanewon Ngaglik Agung Endarto S.Sos,M.Si menyampaikan, kunjungan kerja studi banding kali ini untuk melihat program dan sisi administrasi Desa Gunung Putri, mengingat begitu banyak program yang sudah dijalankan dan berhasil.

” Mungkin nanti, sebagian dari  program-program tersebut bisa diaplikasikan di setiap desa yang ada di Kecamatan Kapanewon Ngaglik,” tukasnya.

Agung Endarto menyebut, program desa digital yang menjadi ikon di Desa Gunung Putri, kemungkinan akan diterapkan di wilayahnya. Meskipun untuk saat ini mayoritas mata pencaharian warganya buruh tani.

” Lepas kunjungan dari sini, kami akan coba lakukan rapat internal dengan para kepala desa untuk memaparkan apa saja yang ada di Desa Gunung Putri yang mungkin nanti bisa diaplikasikan di wilayah desa masing-masing,” singkatnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Gunung Putri Daman Huri menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Desa Sariharjo yang sudah bersedia datang untuk studi tiru terkait administrasi pajak.

” Alhamdulilah hari ini kami mendapat kunjungan dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sebanyak 40 orang. Saya berharap kunjungan-kunjungan dari luar daerah ini mampu untuk meningkatkan ekonomi UMKM,” cetusnya.

” Pada intinya, banyaknya kunjungan dari luar kota ke desa ini berkat kerja keras tim, yang sama-sama ingin memajukan Desa Gunung Putri,” tambahnya mengakhiri.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles