27.3 C
Bogor
Saturday, May 18, 2024

Buy now

spot_img

Usulan Masyarakat Banyak Belum Tercover

Apdesi Kecamatan Dramaga Dukung Penambahan Dana Desa 5 Miliar

Dramaga l Jurnal Bogor
Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar mengusulkan anggaran dana desa meningkat lima kali lipat hingga Rp 5 miliar per desa di tahun 2024. Usulan ini disambut baik Ketua Paguyuban Kepala Desa se Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor.

“Kalau dana desa ditambah lima kali lipat, tentunya Pemdes lebih leluasa lagi untuk memoles desanya. Kita sangat setuju, dan merespons baik usulan tersebut,”ujar Ketua Apdesi Kecamatan Dramaga Yayat Supriatna, Senin (25/9).

Menurut Yayat, saat ini desa masih berkutat dalam persoalan minimnya anggaran. Banyak usulan masyarakat lewat murembang Desa yang belum tercover. Malahan, tidak sedikit juga usulan yang harus dicoret karena keterbatasan anggaran. Untuk itu, adanya penambahan dana desa dinilai sangat membantu desa dalam hal peningkatan infrastruktur desa.

“Dana desa yang diterima desa sebesar Rp 1 miliar belum maksimal . Alangkah bagus jika ditambah sehingga desa bisa leluasa mengalokasikan anggaran tersebut untuk kepentingan masyarakat,” ungkapnya.

Ketika ada desa yang tersandung kasus anggaran dana desa menurut Yayat yang merupakan Kepala Desa Dramaga mengaku itu biasanya  persoalan administrasi saja. Programnya dikerjakan oleh desa, namun ketika pelaporan terjadi kesalahan.

“Ketika usulan penambahan dana desa direalisasikan oleh pemerintah, tinggal diperkuat saja dari sisi pengawasan saja. Saya percaya desa bisa amanah dengan adanya penambahan dana desa menjadi Rp 5 miliar,” tukasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles