33.7 C
Bogor
Wednesday, May 15, 2024

Buy now

spot_img

Cegah Peredaran Narkoba, BNN Kabupaten Bogor Kukuhkan Tim Bersinar Desa Ciangsana

Gunung Putri | Jurnal Bogor
Guna mengantisipasi maraknya peredaran narkoba dalam lingkup desa, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bogor bersama Pemerintah Desa Ciangsana mengukuhkan Tim Desa Bersinar (Bersih Narkoba) di aula Kantor Desa Ciangsana, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Kamis (21/09/23).

Kepala Desa Ciangsana, Udin Saputra beserta Tim Pokja Desa Bersinar mendeklarasikan secara langsung yang disaksikan oleh BNN Kabupaten Bogor, Kesbangpol, dan Forkopimcam, dan sekaligus serah terima SK ketua Pokja Desa Bersinar Desa Ciangsana oleh BNN Kabupaten Bogor.

Adapun pemaparan Desa Bersinar dipaparkan secara langsung oleh Eko Sumartono selaku Sub Kordinator P2M BNN Kabupaten Bogor, dan TB Lucky Surya Gunawan selaku Sub Kordinator Kesbangpol Kabupaten Bogor.

Kepala Desa Ciangsana, Udin Saputra mengatakan pengukuhan Desa Bersinar adalah bentuk upaya untuk mewujudkan wilayah yang bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Udin berharap adanya Tim Desa Bersinar mampu meningkatkan peran serta seluruh komponen masyarakat di desa dalam P4GN.

“ Dalam kesempatan ini pun dibentuk unit IBM (Intervensi Berbasis Masyarakat) di wilayah Desa Ciangsana. Sebagai salah satu indikator Desa Bersinar,” tandas Udin.

IBM sendiri, sambung Udin, merupakan sebuah program yang diinisasi Badan Narkotika Nasional, dengan tujuan terbentuknya layanan rehabilitasi yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. IBM dibentuk sebagai solusi atas kendala sulitnya akses rehabilitasi bagi korban penyalahgunaan narkotika.

“ Program ini membuka kesempatan kepada masyarakat untuk dapat turut berpartisipasi dalam memberikan pelayanan kepada pengguna narkoba dalam program Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM)” jelasnya.

“Semoga dengan pembentukan desa bersinar ini, akan semakin memperkuat penanganan masalah penyalahgunaan narkoba,” tambah Udin mengakhiri.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles