28.4 C
Bogor
Sunday, May 19, 2024

Buy now

spot_img

Dukung Pendidikan, Pemdes Nanggung Lebarkan Jalan

Samisade Juga Dimanfaatkan Bangun TPT dan Hotmix Jalan

Nanggung l Jurnal Bogor

Pemerintah Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor tengah  berupaya mempermudah akses pendidikan dengan dibangunnya infrastruktur jalan diawali di Kampung Batuputih menuju sekolah SMAN 1 Nanggung.

“Kita permudah akses pendidikan dengan jalan baru,” ujar Kepala Urusan (Kaur) Pemerintahan Desa Nanggung Deni Endarto  kepada wartawan, kemarin.

Menurutnya dibangunnya jalan lingkar dari Kampung  Batuputih-Kebon Awi yang merupakan akses jalur pendidikan dua sekolah, yakni  SMAN 1 Nanggung serta SMPN Nanggung.

Sementara Ketua LPM Desa Nanggung Amung menyebutkan salah satu pemanfaatan program Samisade dengan dibangunnya jalur pendidikan dari Kampung Batuputih meliputi wilayah RW 02 dengan RW 03.

Jalan ini dibangun dari anggaran keuangan Insfratruktur APBD Kabupaten Bogor melalui  program Satu miliar satu desa (Samisade). Jalan baru terbentang sekitar 250 meter, hal  ini dilakukan sebagai upaya peningkatan pelayanan bagi pengguna jalan, juga sebagai alternatif akses masyarakat. Jalan ini bangun hasil usulan masyarakat sejak 2020- 2021,” jelas Deni.

Pengerjaan pekerjaan insfratruktur jalan baru semula hanya jalan setapak kini telah dilebarkan menjadi jalan desa.

Di samping membuka jalan baru juga pembedayaan dengan memperkerjakan masyarakat sebagai tenaga lokal. “Jalannya proses pembangunan jalur pendidikan, semoga bisa  bermanfaat dan memberikan dampak positif. Serta mendukung lajunya perekonomian dan  memperlancar komunikasi antarwarga,” kata dia.

Sekretaris Desa Nanggung Firmansyah juga menyebut  program Samisade tahun anggaran 2023 selain dibangunnya jalan baru dari Kampung Batuputih – Kebon Awi juga dialokasikan pengerjaan Tembok Penahan Tanah (TPT) serta dilaksanakan hotmix jalan di Kampung Siranggap.

“Begitu juga  pemanfaatan Samisade dilakukan pengerjaan TPT di jalan Nangela Desa Nanggung,” pungkasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles