28.4 C
Bogor
Thursday, June 13, 2024

Buy now

spot_img

6 Tips Pilih Lingkungan Pergaulan Bagi Mahasiswa Baru di Kampus

Bogor | Jurnal Bogor
Penyesuaian diri jadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa baru pada awal-awal perkuliahan. Proses penyesuaian dengan lingkungan kampus ini tidak bisa dianggap remeh, karena mahasiswa baru bertemu dengan lingkungan pergaulan yang beragam dari aspek angkatan, organisasi, program studi, fakultas, hingga daerah.

Pergaulan di kampus yang cenderung bebas dibandingkan ketika di SMA, secara tidak langsung sangat mempengaruhi proses perkuliahan mahasiswa baru. Karena itu, harus hati-hati memasuki pastikan semuanya mendukung tujuan perkuliahan dan mendorong ke arah pengembangan diri yang matang dan maksimal.

Jadi bagaimana caranya memilih lingkungan pergaulan yang tepat di kampus? Dosen sekaligus pembina organisasi mahasiswa Fakultas Ekonomi UIKA Bogor Tatang Sutarman memiliki jawabannya.

Tatang menyebut, paling tidak ada 6 tips memilih lingkungan pergaulan bagi mahasiswa baru di kampus yang disarankannya berikut ini

1. Menetapkan tujuan kuliah

Hal yang paling penting bagi mahasiswa baru yaitu memiliki tujuan yang bisa dirumuskan dari pertanyaan sederhana seperti untuk apa dan mau kemana setelah kuliah? Lebih bagus lagi, dari tujuan itu diturunkan ke target yang ingin dicapai, entah itu harian, mingguan, atau bulanan. Bisa juga targetnya per semester atau per tahun targetnya meraih IPK sekian dan menjadi lulusan terbaik.

2. Fokus pada tujuan

Setelah memiliki tujuan kuliah dan target fokuslah untuk mencapai tujuan tersebut. Sebab, akan banyak sekali tantangan dari yang manis sampai yang pahit dialami mahasiswa. Tantangan itu berpotensi mengganggu konsentrasi mahasiswa baru ke tujuan awal. Jika konsisten dan tetap fokus, biasanya tujuan bisa tercapai.

3. Identifikasi kegiatan

Sebagai mahasiswa tidak hanya fokus kuliah di kelas saja, tetapi juga turut memperkuat materi atau mengembangkan diri diluar kelas dengan mengikuti kegiatan atau aktif di organisasi tingkat prodi, fakultas, atau universitas.

4. Manfaatkan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM)

Sekarang ini banyak sekali program MBKM yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa baru untuk mencari pengalaman, menambah wawasan dan memperkuat kemampuan di bidang yang diminati.

5. Memaksimalkan fasilitas

Mahasiswa baru sebaiknya memaksimalkan fasilitas yang ada di kampus. Fasilitas kampus adalah hak yang wajib diterima serta penggunaannya bebas dilakukan oleh mahasiswa selagi tidak dalam kegiatan yang berkonotasi negatif.

6. Eksplorasi dan sharing

Eksplorasi dunia kampus perlu dilakukan mahasiswa baru, agar bisa memetakan kampus dari berbagai aspek. Mahasiswa baru tidak perlu takut berbaur dengan lingkungan baru atau belajar hal-hal baru. Karena itu menjadi pengalaman dan pengetahuan.

“Eksplor lingkungan kampus dan eksplorasi diri lebih jauh. Diskusi dengan sesama mahasiswa, dosen dan pakar-pakar. Hadiri seminarnya, dan ikuti kuliahnya. Kalau kegiatan yang diikuti positif, pengaruh yang masuk pun cenderung positif dan itu memantik diri kita untuk melakukan hal-hal yang positif,” jelas Tatang yang juga dosen pembina unit kegiatan mahasiswa (UKM) badminton UIKA.

** Herman [ MG/UIK/JB]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles