27.3 C
Bogor
Sunday, May 19, 2024

Buy now

spot_img

Sadengkolot Bangun Ketahanan Pangan dengan Budidaya Bebek Petelur

Leuwisadeng l Jurnal Bogor

Pemerintah Desa Sadengkolot, Leuwisadeng, Kabupaten Bogor bakal melakukan budidaya ternak bebek peking petelur. Kini sedang proses pembuatan kandang dengan ukuran 13×3,6 meter yang kemudian kandang itu nantinya akan diisi ratusan ekor bebek petelur melalui program ketahanan pangan tahun anggaran dana desa 2023.

Sekretaris Desa Sadengkolot Sudiman menjelaskan, proses pengerjaan kandang bebek petelur yang berlokasi di Kampung Leuwibengkok RT 05 RW 10 kedepannya bisa menjadi ikon untuk penghasil dan pemasok kebutuhan daging serta telur bebek di Sadengkolot.

“Ini untuk menjadi sisi pembeda untuk menginspirasi dalam mendorong  pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat. Usaha apapun kalau terus ditekuni, tentu   prospektif dikembangkan,” ujar Sekretaris Desa Sadengkolot Sudiman kepada Jurnal Bogor, Minggu (13/8/2023).

Meski budidaya  ternak bebek baru perdana dilakukan, menurutnya  kalau pengelolaan budidaya bebek  dilakukan secara  profesional tentunya  pengembanganya kedepan akan berjalan baik.

Ternak bebek dengan kolaborasi BumDes Desa Sadengkolot merupakan salah satu strategi pemberdayaan ekonomi kelompok masyarakat diharapkan potensial yang harus dikembangkan.

“Sementara diisi 300 bebek dengan usia produktif. Selain menyiapkan pakan seperti pur, dedak dan kebersihan kandang harus diutamakan,” jelasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles