28.8 C
Bogor
Sunday, May 5, 2024

Buy now

spot_img

KANNI Kabupaten Bogor Bentuk Kader Satgas Masyarakat Desa Sadar Hukum

Cibungbulang | Jurnal Bogor

Komite Advokasi Hukum Nasional Indonesia (KANNI) Kabupaten Bogor melakukan pendidikan dan pembentukan Kader Satgas Masyarakat Desa Sadar Hukum guna mewujudkan peningkatan masyarakat cerdas, paham dan sadar hukum.

Kegiatan tersebut berlangsung di aula Desa Situ Udik, Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Sabtu (12/8/2023) dihadiri puluhan perwakilan masyarakat desa dari tiga kecamatan.

Ketua KANNI Kabupaten Bogor Haidy Arsyad mengatakan, KANNI berupaya agar masyarakat semakin mudah untuk mendapatkan bantuan hukum.

“Pemenuhan akses terhadap keadilan (Access to justice), salah satunya didorong melalui optimalisasi peran Kader Satgas Masyarakat Desa Sadar Hukum di tingkat desa,” katanya.

Dia menegaskan, salah satu tujuan kegiatan tersebut adalah agar masyarakat yang mempunyai kesadaran dan budaya hukum yang tinggi dalam rangka mewujudkan negara hukum serta penciptaan kehidupan masyarakat yang cerdas akan hukum dan diharapkan kedepannya menjadi desa sadar hukum.

“KANNI tidak hanya menjadi pusat pembelaan, tapi juga menjadi pusat pendidikan di bidang ilmu hukum bagi masyarakat,” tegasnya.

Mahasiswa STIH Dharma Andigha Bogor ini menjelaskan, Satgas Masyarakat Desa Sadar Hukum nantinya akan membantu warga desa yang mengalami persoalan di bidang hukum.

“Keberadaan Satgas Masyarakat Desa Sadar Hukum bisa lebih berdampak terhadap masyarakat terutama di tingkat desa. Selain itu diharapkan menjadi juru damai di desa. Penanganan konflik di desa tidak cukup dengan pendekatan sosial dan kultural melainkan juga dengan pendekatan hukum,” paparnya.

Sementara Ketua Umum KANNI Ruswan Efendi menyatakan, KANNI Kabupaten Bogor menjadi yang pertama dalam pembentukan Kader Satgas Masyarakat Desa Sadar Hukum.

“Pembentukan ini memang program KANNI Pusat untuk kabupaten-kabupaten yang kita selaraskan dalam rangka untuk bina bantuan hukum para perangkat desa,” katanya.

Ruswan menjelaskan,  bagaimana memperbanyak masyarakat yang tidak paham hukum supaya mereka paham hukum dengan begitu  kehadiran KANNI  mendidik dan melatih. Kemudian ada di tengah-tengah masyarakat untuk membantu persoalan-persoalan hukum yang ada di tengah masyarakat desa.

“Dimana masyarakat desa ini adalah masyarakat paling bawah, tentunya rentan dengan persoalan hukum. Mudah-mudahan dengan adanya para Kader Satgas Masyarakat Desa Sadar Hukum yang ada di KANNI ini bisa mulai membantu permasalahan hukum yang ada di tengah masyarakat desa,”

Diharapkan, Kabupaten Bogor dapat melaksanakan dengan baik di setiap desa adanya Satgas Masyarakat Desa Sadar Hukum. Dengan adanya ini dapat meminimalisir adanya persoalan hukum yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

“Harapan yang paling penting, kita dapat mendukung program kerja pemerintah menjaga Kamtibmas dan juga dapat berdampingan bermitra dengan kepolisian terutama juga dengan perangkat desa agar dapat membantu para kepala desa dalam rangka untuk menyelesaikan konflik-konflik permasalahan yang ada di desa,” pungkasnya.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles