33.8 C
Bogor
Saturday, May 18, 2024

Buy now

spot_img

Muhammadiyah Tanam Kedelai di Kampung Sodong

Klapanunggal | Jurnal Bogor

Menyongsong komitmen Indonesia untuk mencapai emisi nol bersih pada 2060, Pengurus Cabang Muhammadiyah (PCM) Cileungsi dan PT Agri Karbon Nusantara bertekad untuk mendorong sektor pertanian dalam upaya ikut serta meraih target tersebut.

Oleh Karena itu, PCM Cileungsi dan PT Agri Karbon Nusantara telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU). MoU tersebut berisi pemanfaatan lahan wakaf PCM Cileungsi di Desa Sodong, Klapanunggal, Kabupaten Bogor untuk penanaman kedelai dengan teknologi biochar.

“Kami akan melibatkan santri dan siswa SMK/SMA Muhammadiyah untuk berpartisipasi aktif dalam proses penanaman kedelai dengan teknologi biochar. Ini akan memberi mereka pengetahuan dan keterampilan yang berharga dalam praktik pertanian berkelanjutan,” jelas Wakil Ketua PCM Cileungsi yang membidangi majelis ekonomi dan kewirausahaan, Eko Hendro kepada wartawan, Selasa (1/8/23).

Menurutnya, pembelajaran sektor pertanian saat ini menjadi sangat penting, mengingat sektor pertanian saat ini kerap ditinggalkan dan kurang dipahami oleh generasi muda, khususnya para pelajar.

“Di era digital ini sektor pertanian kerap kurang mendapat perhatian. Oleh karena itu, melalui program ini kami harap para pelajar dan generasi muda dapat memahami penting dan strategisnya sektor pertanian,” ujarnya.

Sementara itu, Hanafi Guciano, inisiator yang juga fasilitator antara PCM Cileungsi dan PT Agro Karbon Nusantara, menegaskan pentingnya upaya pengenalan sektor pertanian di kalangan pelajar dan organisasi kemasyarakatan.

“Inisiatif seperti ini seharusnya dilakukan oleh organisasi seperti Muhammadiyah yang memiliki sumber daya yang melimpah, termasuk lahan wakaf yang belum produktif. Aktivitas penanaman kedelai dengan teknologi biochar sangat berkontribusi dalam mengurangi efek gas rumah kaca yang memicu pemanasan global,” ungkap pria yang juga Dewan Pakar Majelis Lingkungan Hidup (MLH) PP Muhammadiyah itu.

** Taufik/Nay

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles