31.9 C
Bogor
Thursday, May 16, 2024

Buy now

spot_img

Desa Wisata Purwabakti Masuk Kategori 75 Desa Wisata Terbaik

Pamijahan | Jurnal Bogor

Desa Wisata Purwabakti, Pamijahan, Kabupaten Bogor masuk dalam kategori 75 desa wisata terbaik di Indonesia.

Bahkan, Desa Wisata Purwabakti berpeluang mendapatkan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023 dari Kemenparekraf.

Hal itu, dikatakan langsung oleh tim juri Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Didi Leonardo, lima kategori yang menjadi item dalam penilaian tersebut. Desa Wisata Purwabakti dinilai memiliki potensi yang luar biasa.

“Setelah dilihat, kami menilai  Desa Wisata Purwabakti ini memiliki potensi yang luar biasa.Terkhusus alam yang memang ini berkah, ditunjang masyarakat yang peduli wisatanya, sangat baik,” katanya, Senin (31/7/2023).

Dia berharap, wisata tersebut dapat berkembang dan menjadi wisata unggulan.

“Kedepannya kita harapkan ini dapat terus berkembang dan berharap Desa Wisata Purwabakti ini dapat menjadi desa wisata unggulan yang tidak hanya didatangi wisawatan domestik tapi juga manca negara,” paparnya.

Dia menilai, Desa Wisata Purwabakti dapat bersaing di tingkat dunia dengan dukungan alam sekitar yang luar biasa.

“Melihat geografis yang sangat luas, ini sangat memungkinkan untuk bersaing bukan hanya tingkat nasional tapi juga tingkat dunia karena alamnya yang sangat luar biasa mendukung, serta masyarakatnya yang welcome,” katanya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Burhanudin  menyatakan, Pemerintahan Desa maupun pengurus Desa Wisata Purwabakti agar lebih inovatif dan informatif dalam pengembangan.

Selain itu, kata Burhanudin, kebijakan penunjang untuk kemajuan desa wisata telah ada pada program yang familiar dengan nama Samisade.

“Samisade itu prioritasnya untuk sentra-sentra pariwisata, pertanian, UMKM, dan poros-poros jalan yang menghubungkan antardesa dan kecamatan,” katanya.

Terpantau, Desa Wisata Purwabakti memang cukup menawarkan daya tarik yang luar biasa, baik berupa keindahan alam, kekayaan budaya, seperti seni, maupun kuliner yang tampak khas.

Adapun, untuk aksesibilitas yang meliputi informasi moda transportasi untuk mencapai Desa Wisata Purwabakti masih terbilang minim.

Kendati, untuk bisa datang kesana baiknya menggunakan kendaraan pribadi dengan kendaraan aman.

Untuk fasilitas di Desa Wisata Purwabakti menunjang kenyamanan seperti beragam akomodasi belum lengkap seperti hotel, homestay, masih sulit dijumpai.

Sedangkan, untuk penjualan oleh-oleh atau souvenir sebagai daya tarik tambahan bagi sebuah Desa Wisata tidak perlu khawatir. Bermacam souvenir untuk oleh-oleh khas Desa Wisata Purwabakti bisa di dapat dengan mudah.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles