32.6 C
Bogor
Monday, April 29, 2024

Buy now

spot_img

Banyak Inovasi, Desa Gunung Putri jadi Primadona Kunjungan Luar Pulau

Gunung Putri | Jurnal Bogor 

Desa Gunung Putri, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, kembali mendapatkan kunjungan kepala desa se- Kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (18/6/23).

Hadir dalam kunjungan studi tiru tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bangka Selatan Reza Fahlevi S.I.P, M.A.P, Kepala Inspektorat Kabupaten Bangka Selatan PD.Marpaung S.Pi,M.Si, CPra, CRMO, Ketua Apdesi kabupaten Bangka Selatan Muklis Insan S.ST, Plt.Sekdis DPMD Kabupaten Bogor Ali Nasrullah, Camat Gunung Putri Didin Wahidin, Danramil Gunung Putri Kapten Rocky, CRS PT.Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Ayi Ibrahim.

Kepala Desa Gunung Putri Damanhuri mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan, sehingga Desa Gunung Putri selalu menjadi sasaran kunjungan studi tiru dari Kepulauan Bangka untuk yang kesekian kalinya. Sehingga apa-apa yang sudah dijalani oleh Desa Gunung Putri kini mulai diaplikasikan oleh Pemerintah Kepulauan Bangka Belitung, terutama untuk inovasi tingkat desanya.

“Setelah melakukan pemaparan di aula desa, para tamu kami ajak melihat ke RW 4 dan RW 5,” kata A Heri sapaan akrabnya kepada Jurnal Bogor.

Menurut A Heri, di RW 04 ada pusat utama pengendalian Desa Digital dan tower, serta KWT dan hasil dari bank sampah serta maggot. Sedangkan di RW 05, memperlihatkan perikanan darat dan lalat hitam, yang mungkin dari sekian inovasi yang diperlihatkan salah satunya bisa diaplikasikan di desa mereka masing-masing sesuai dengan potensi yang ada di desanya.

” Walaupun banyak kunjungan dari luar pulau, tidak akan membuat kami jumawa, sehingga lupa untuk memperbaiki kekurangan yang ada dalam Desa Gunung Putri. Sejatinya diatas langit masih ada langit, setiap desa pasti ada potensi masing-masing, begitupun kekurangannya,” ungkapnya.

“Untuk kelebihannya kita ATM-kan, Amati Tiru dan Modifikasi. Sedangkan untuk kekurangan, kita sama-sama melakukan perbaikan dari kelebihan yang kita miliki,” lanjutnya.

Bukan berarti, sambung A Heri, dengan banyaknya kunjungan dari luar membuat berhenti. Justeru semakin membuat berpikir keras untuk meningkatkan inovasi-inovasi lainnya. Sehingga, semua warga Desa Gunung Putri bergerak untuk membuat inovasi terbaru yang nantinya bisa dipertontonkan saat ada kunjungan dari luar.

“Digitalisasi yang menjadi primadona pun masih terus kami tingkatkan kualitasnya, begitu juga untuk UMKM dan ketahanan pangan yang sedang kami sempurnakan,” bebernya.

Lebih lanjut A Heri mengatakan, saat berbincang kecil dengan Inspektorat dan Kadis DPMD dari Kabupaten Bangka Selatan. Mereka mengapresiasi akan adanya dana SAMISADE yang sudah dikucurkan oleh Bupati Bogor, apalagi program tersebut baru dilakukan oleh Kabupaten Bogor.

“Mungkin kedepannya mereka akan menggelontorkan anggaran yang sama untuk setiap desa, sehingga program percepatan pembangunan desa bisa terwujud dengan sempurna jika adanya bantuan keuangan dari daerah,” imbuhnya.

Dirinya berharap apa-apa yang sudah diperlihatkan bisa menjadi motivasi desa yang berkunjung ke Desa Gunung Putri. ” Sekali lagi saya ucapkan terimakasih atas kunjungannya, semoga kita bisa saling bertukar inovasi kedepan,” pungkas A Heri.

** Nay Nurain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles