28.8 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Damkar Leuwiliang Evakuasi Biawak dari Plafon Rumah Warga

Leuwiliang | Jurnal Bogor

Seekor biawak yang masuk ke plafon rumah warga berhasil dievakuasi oleh petugas pemadam kebakaran (Damkar) Sektor Leuwiliang. Biawak gegerkan warga Komplek Amanah Asri, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Senin (15/05/2023).

Komandan Sektor (Damsek) Damkar Leuwiliang, Ade Sukmayadi menyatakan, kesulitan yang dihadapi oleh petugas adalah posisi Biawak berada diatas plafon rumah.

“Akses untuk mengevakuasi terletak diatas plafon rumah warga, sangat sempit sehingga menyulitkan untuk mengevakuasinya. Setelah ditangkap rencananya, akan dilepaskan kembali kehabitat aslinya di Sungai Cianten, biar tetap lestari,” katanya.

Ade mengharapkan, keterlibatan semua masyarakat, untuk berperan aktif dalam mencegah terjadinya sebuah peristiwa, yang bisa membahayakan.

“Kita telah banyak melakukan evakuasi hewan liar seperti, ular, tawon vespa, atau hewan peliharaan yang mungkin bisa meresahkan bagi masyarakat lainnya,” ucap dia.

Untuk aduan masyarakat bisa ke nomor 112 bagi yang jauh jangkauannya, nanti oleh pusat diarahkan ke sektor damkar terdekat karena kita punya WhatsApp Group.

“Kami ucapkan terimakasih kepada warga yang telah melaporkan, daripada mereka ada tapi diam, setelah terjadi baru melaporkan,” terangnya.

Dalam keterangan Oca Holisoh (35), seekor biawak terlihat diatas rumahnya yang awalnya mengira itu adalah kucing.

“Ketika diperhatikan lebih seksama, lidahnya menjulur panjang banget, saya foto eh ternyata biawak. Saya kaget dan langsung menghubungi damkar Leuwiliang. Pertamanya kita lihat dari dapur, saya kira kucing tapi kok lidahnya panjang, kemudian terakhir terlihat di atas pintu masuk bagian depan,” terangnya.

Senada dengan Oca, tetangga samping rumahnya Toha mengaku, pernah melihat hal yang serupa.

“Sebelumnya pernah melihatnya di area tersebut, emang ukurannya cukup besar, sebesar paha orang dewasa,” pungkasnya.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles