31.6 C
Bogor
Friday, April 26, 2024

Buy now

spot_img

Wujud Kepedulian, HMBT Serahkan Donasi untuk Korban Longsor Tanjungsari

Tanjungsari | Jurnal Bogor

Kelompok Masyarakat yang tergabung dalam Himpunan Masyarakat Bogor Timur (HMBT) memberikan bantuan kepada para korban bencana tanah longsor yang menimpa warga Desa Buanajaya, Tanjungsari, Kabupaten Bogor, Minggu (14/5/23).

Bantuan berupa uang tunai dan diserahkan langsung oleh Ketua DPC HMBT Tanjungsari Kang Anwar kepada Ketua RT setempat, dan turut disaksikan oleh satgas BPBD Kabupaten Bogor yang bertugas di lokasi.

“Bantuan ini diserahkan bukan hanya dilihat dari jumlah besarnya atau kecilnya, melainkan lihatlah dari niat tulus dan kepedulian yang ditunjukan,” kata Kang Anwar kepada Jurnal Bogor.

Menurutnya, kejadian tanah longsor yang menimpa warga bagian dari kelalaian dan kejahilan tangan manusia. Pasalnya, disadari atau tidak adanya tambang emas ilegal menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya tanah longsor ini.

“Dan memang sudah seharusnya kita sesama manusia untuk saling peduli dan menolong kesulitan yang dialami oleh saudara-saudara kita,” ucapnya.
Sementara, Wasekjen HMBT Dede Nurahman menyebut bantuan ini dihimpun dari para anggota HMBT yang berada di 7 kecamatan dengan harapan bisa sedikit meringankan beban para korban bencana longsor dan mampu menjadi inspirasi bagi kelompok-kelompok lain untuk datang membantu.

“Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh anggota HMBT yang sudah ikut berpartisipasi membantu korban bencana. Rasa solidaritas ini harus selalu dipupuk, karena sebaik-baiknya manusia dialah yang bisa berguna untuk orang lain,” papar Dede.

Hal senada disampaikan Ketua RT 006/04 Ace Engko yang mengucapkan terimakasih sekaligus memberikan apresiasi terhadap HMBT yang didominasi oleh pemuda milenial itu.

“Cuma bisa mengucapkan terimakasih atas bantuan dan perhatiannya kepada kami, semoga kebaikannya dibalas oleh Allah SWT. Dan saya doakan HMBT maju terus dan sukses,” cetusnya.

Untuk diketahui, peristiwa tanah longsor yang menimpa warga Desa Buanajaya terjadi pada Minggu (7/5) lalu.  Longsor disebabkan karena hujan deras, serta kontur tanah yang labil. Sebanyak 342 orang dari 107 KK mengungsi akibat bencana tanah longsor itu. Untuk sementara korban longsor mengungsi di fasilitas umum terdekat seperti SDN Cibeureum dan juga disarana ibadah sampai ada tindakan lebih lanjut dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor. 

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles