28.6 C
Bogor
Thursday, April 25, 2024

Buy now

spot_img

Infrastruktur Jalan dan Daya Dukung Masyarakat Modal Utama Kemajuan Pariwisata

BAHAN BPotensi alam di Kabupaten Bogor masih bisa terus dikembangkan dan bisa menjadi destinasi para wisatawan domestik dan mancanegara.

Namun, Pemkab Bogor masih punya pekerjaan rumah ( PR) terkait sarana jalan atau infrastruktur jalan menuju lokasi wisata.

Mayoriras semua Kecamatan di Kabupaten Bogor punya potensi alam yang bagus dan bisa dijadikan sebagai destinasi wisata.

Tak heran, jika para camat yang ada di Kabupaten Bogor pada akhir pekan lalu melakukan kunjungan ke Pemkab Badung, Bali dan beberapa lokasi wisata alam di Pulau Dewata.

Hampir semua camat dari Kabupaten Bogor yang kunjungan ke Bali terkait pengembangan pariwisata wilayah mengatakan perlunya peningkatan infrastruktur jalan atau fasilitas pendukung lainnya menuju lokasi wisata alam yang ada dibeberapa Kecamatan di Kabupaten Bogor.

Bakri Hasan selaku Camat Sukamakmur mengatakan Infrastruktur jalan dalam pengembangan Pariiwisata di Sukamakmur menjadi hal yang harus menjadi prioritas.

” Aksesibilitas wilayah merupakan hal yang sangat penting dalam mendukung Perkembangan Pariwisata di Kecamatan sukamakmur sehingga perekonomian warga bisa terangkat,” tegas Bakri Hasan, Minggu, 14 Mei 2023.

Hal yang sama dikatakan Camat Cisarua, Ivan Pramudia yang secara tegas mengatakan untuk menggalu potensi pariwisata di semua wilayah Kecamatan di Kabupaten Bogor perlunya ada peningkatan Infrastruktur dan komitmen bersama antara pemerintah pelaku usaha dan masyarakat yang akan menjadi modal penting dalam memajukan pariwisata wilayah di semua Kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor.

Sehingga, kata Ivan, konsep desa wisata yang gm ramah lingkungan dan ramah wisatawan bisa berjalan dan pada akhirnya akan bermuara pada peningkatan PAD dan Ekonomi masyaraka di Kabupaten Bogor atau yang dekat dengan lokasi wisata.

Camat Megamendung, Acep Sajidin menambahkan, keberadaan infrastuktur jalan yang memadai dan dengan daya dukungan semua elemen masyarakat ataupun stakholder akan menjadi kunci peningkatan pariwisata di Kabupaten Bogor.

Acep menilai, kunci keberhasilan pariwisata di Bali menjadi destinasi pariwisata dunia tak lepas dari dua faktor itu.

” Potensi wisata alam di Kabupaten Bogor akan meningkat jika adanya sinergitas semua elemen dalam memajukan potensi wisata yang ada wilayahnya,” pungkas Acep.

Ditempat terpisah, Farid Maruf selaku Juru Bicara Paguyuban Camat se Kabupaten Bogor menambahkan, keberangkatan para camat ke Bali ini bertujuan untuk mendalami soal peningkatan potensi pariwisata di Bali.

” Para Camat selama dua tahun menabung untuk kunjungan ke Pemkab Badung, Bali ini. Ini rencana yang sudah lama bahkan sudah ada beberapa camat yang pensiun. Saya bangga kami semua kompak demi kemajuan wisata Kabupaten Bogor,” ujar Farid Maruf yang juga sebagai Camat Tenjolaya ini.

Lebih tegas, kata Farid, rombongan para Camat ke Bali ini sama sekali tidak dibiayai oleh dana APBD. ( Asep Syahmid)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles