28.6 C
Bogor
Wednesday, May 1, 2024

Buy now

spot_img

Susahnya Cari Kerja di Kawasan Industri Cileungsi

Cileungsi | Jurnal Bogor

Kecamatan Cileungsi merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Bogor yang terdapat banyak kawasan industri. Keberadaan pabrik-pabrik seakan menjadi pemandangan khas di wilayah Cileungsi, mulai dari pabrik makanan, onderdil mobil hingga pabrik kertas.

Namun, meski pun Cileungsi merupakan daerah industri, ternyata masih banyak warga Cileungsi yang justeru kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan. Hal ini tentunya harus menjadi perhatian serius bagi Pemerintah Kabupaten Bogor. Dimana keberadaan industri di wilayah Cileungsi dan sekitarnya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, khususnya dalam penyerapan tenaga kerja.

“Saya sudah ngirim lamaran ke berbagai pabrik di Cileungsi tapi belum ada yang diterima. Memang ada juga yang diterima, mungkin karena penerimaannya cuma sedikit,” ujar Nurma yang merupakan warga asli Desa Pasir Angin kepada Jurnal Bogor, Selasa (9/5/23).

Menurut dia, usai lulus sekolah tahun lalu dirinya memang sempat bekerja di salah satu perusahaan di wilayah Desa Limusnunggal. Namun pekerjaan tersebut hanya beberapa bulan saja lantaran masa kontrak kerja habis dan tidak diperpanjang.

“ Habis itu belum dapat pekerjaan lagi sampai sekarang. Kayanya makin susah cari kerja sekarang walaupun di sini banyak pabrik,” ungkapnya.

Nurma mengaku, selama mencari pekerjaan dia tidak pernah mendapat bantuan atau mengikuti program dari Pemerintah Kabupaten Bogor untuk para pencari kerja. Ia hanya bermodal informasi dari teman-teman jika ada lowongan kerja di suatu perusahaan.

“ Paling modal SKCK dan informasi dari teman kalau ada lowongan. Paling datang bawa lamaran dan nunggu panggilan aja. Gak pernah dapat info dari Disnaker atau pemda jadi usaha sendiri aja,” tukasnya.

Nurma berharap, ia bersama dengan teman-teman nya yang masih menganggur dapat segera mendapat pekerjaan di wilayah cileungsi yang tidak jauh dari tempat tinggalnya. Karena dengan begitu ia dapat meminimalisasi pengeluaran untuk transportasi.

“Kalau gaji saya tidak terlalu masalah yang penting cukup dan bisa bantu orang tua,” tandasnya.

** Taufik/Nay 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles