33.6 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Smansan Aktif Peduli Lingkungan

Tuan Rumah Go Green 7 Dihadiri Menteri LHK

Nanggung | Jurnal Bogor

SMAN 1 Nanggung, Kabupaten Bogor meraih penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi Jabar setelah aktif dan peduli terhadap lingkungan dan alam sekitar. Sekolah berjuluk Smansan ini pun menjadi tuan rumah Go Green 7 yang dihadiri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya sebagai bentuk kepedulian terhadap alam sekitar.

R.D. Nia Elisa Yulianti bersama siswi berprestasi

“Program Adiwiyata ini diikuti sebagai bentuk implementasi dari visi dan misi sekolah untuk menjaga lingkungan. Seperti kita ketahui isu pemanasan global dan efek rumah kaca yang semakin meningkat, maka dengan adanya program Adiwiyata yang diikuti sekolah ini bisa berkontribusi untuk alam sekitar bahkan dunia,” kata Kepala Sekolah SMAN 1 Nanggung, R.D. Nia Elisa Yulianti dalam keterangannya, Selasa (9/5/2023).

Selain itu, sekolah ini juga menjadi anggota pada kegiatan Satuan Pendidikan Peduli lingkungan (Sapulidi) Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat, yang berfokus pada normalisasi DAS Citarum dan kebersihan lingkungan. Pada kegiatan ini Smansan beberapa kali mengikuti kegiatan kepedulian terhadap lingkungan yang ada di Jawa Barat, salah satunya adalah kegiatan edukasi kebersihan lingkungan Masjid Al Jabar Bandung.

“Para siswa dan guru memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan di sekitar Masjid Al Jabar,” jelas Nia Elisa.

Selain aktif pada kegiatan menjaga lingkungan SMAN 1 Nanggung juga memiliki prestasi, baik tingkat Kabupaten Bogor maupun nasional, salah satunya prestasi tingkat kabupaten adalah menjadi Juara 1 berturut-turut selama 2 tahun pada lomba Gelar Inovasi Daerah (GID) Kabupaten Bogor dan yang terbaru pada tahun 2023 ini SMANi 1 Nanggung mendapatkan juara 3 pada lomba tersebut.

Sedangkan untuk tingkat nasional, peserta didik atas nama Herlina Widiana meraih medali perak pada perlombaaan Senior High School Olympiad (SHSO). Selain di bidang sains, prestasi tingkat nasional lainya muncul pada olahraga pencak silat, peserta didik atas nama Yulia Putri Andini meraih juara 1 Kejuaraan Pencak Silat Alm.Muhammad Hadi Mulyo UQI CUP II 2022 Antar Pelajar dan Mahasiswa Tingkat Nasional dan juara 3 Kejuaraan Nasional Pencak Silat UIC Cup Piala Dr.Nur Azizah Ma’ruf Amin.

Adapun kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh SMAN 1 Nanggung adalah ikut aktif membantu korban bencana longsor yang terjadi di Kecamatan Nanggung, serta yang terbaru adalah peserta didik dan guru mengadakan bakti sosial berupa sembako dan santunan anak yatim di lingkungan Nanggung.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles