29.6 C
Bogor
Monday, April 29, 2024

Buy now

spot_img

Pangkas Pohon, PLN Unit Leuwiliang Cegah Gangguan Listrik

Leuwisadeng | Jurnal Bogor 
Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Leuwiliang membabat dahan pohon yang dekat dengan kabel jaringan listrik. Upaya ini guna menghindari gangguan kelistrikan.

Manajer PLN ULP Leuwiliang Setiyadi mengatakan, pihaknya tengah melakukan pemangkasan pohon di beberapa titik lokasi yang dekat dengan kabel jaringan listrik milik PLN.

“Di gardu KSA di Gardu DSD apalagi yang ke arah seksi KCU kami babat habis dan kami lalukan sterilisasi pohon karena di daerah KCU yang ke arah Kampung Cikadu, Desa Sadeng, Kecamatan Leuwisadeng itu disitu banyak pohon mendekati jaringan listrik kami,” kata Setiyadi kepada wartawan, Senin (8/5).

Setiyadi menyampaikan, sebelum melakukan pemangkasan pohon pihaknya melakukan koordinasi dengan pihak terkait juga melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat.

“Jadi, kami coba melakukan penebangan berbarengan koordinasi dengan PUPR dan masyarakat. Karena kemarin saya sudah berkoordinasi dengan wakil ketua RW, bahwa ada pohon dan warga setuju kami lakukan penebangan dan sterilisasi dari pohon,” katanya.

Jadi kata dia,  bagi warga yang hendak melakukan penebangan pohon yang dekat dengan jaringan kabel PLN dapat berkoordinasi dengan pihak PLN guna memberikan keamanan dan kenyamanan masyarakat.

“Ini juga supaya menjaga keselamatan masyarakat daripada masyarakat menebang pohon sendiri, lebih baik lapor ke PLN. Jadi, jangan sampai itu sendiri yang melakukan penebangan, bisa lapor datang langsung ke kantor PLN atau ke perwakilan kami atau petugas kami dan akan kami bantu untuk melakukan penebangannya,” ucapnya.

Menurut dia,  dalam pelaksanaan pemangkasan tersebut juga dilakukan pemadaman listrik dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB yang disosialisasikan kepada masyarakat melalui lingkungan RT maupun RW setempat.

“Hari ini kami amankan dulu, listriknya kita padamkan dan semua kami sterilisasi jaringan listriknya dari pohon supaya kehandalan listrik semakin baik dan untuk menjaga keamanan masyarakat,” paparnya.

Setiyadi berharap, yang dilakukan pihaknya dapat meningkatkan kehandalan listrik semakin baik

“Dan masyarakat dapat menikmati aliran listrik tanpa diganggu oleh padam padam lagi yaitu lebih maksimal. Kan semakin banyak pemakaian dari masyarakat kami juga semakin besar pendapatan aliran listriknya,” katanya.

Seperti diketahui, wilayah Desa Sadeng, Kecamatan Leuwisadeng pada Senin, 24 April 2023 lalu banyak pohon tumbang akibat diterjang hujan disertai angin kencang dan sempat mengganggu pasokan listrik ke rumah rumah warga akibat kabel milik PLN tertimpa pohon tumbang.

Dari pantauan saat kejadian, tampak para petugas PLN ULP Leuwiliang berjibaku memeriksa keamanan aliran kabel listrik hingga larut malam. “Karena kami siaga 24 jam,” pungkasnya.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles