32.6 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Festival Kuluwung di Sukamakmur Jadi Ajang Kampanye, Camat Sukamakmur Tegur Panitia

Sukamakmur | Jurnal Bogor

Festival Budaya Kuluwung atau adu meriam karbit dari pohon kelapa yang menjadi tradisi tahunan warga Sukamakmur pada acara Rabu (3/5/2023) besok justeru dihiasi oleh banyaknya spanduk partai dan calon anggota legislatif yang seolah mengambil manfaat dari kegiatan festival tersebut.

Banyaknya baliho serta spanduk parpol dan caleg membuat Camat Sukamakmur Bakri Hasan melayangkan surat kepada panitia acara, dalam surat tegurannya kepada panitia, Bakri Hasan meminta panitia acara festival untuk mencopot dan menurunkan baliho, spanduk yang berbau partai politik untuk menjaga ketertiban umum dalam pelaksanaan acara.

Surat teguran Camat tersebut mendapat respons positif. Ketua Himpunan Masyarakat Bogor Timur (HMBT) Kecamatan Sukamakmur, Culeng menyatakan sangat setuju dengan sikap tegas camat yang langsung melakukan peneguran kepada panitia dengan banyaknya bendera serta spanduk parpol dalam acara festival tersebut.

“Ini kan pesta rakyat warga Sukamakmur, hiburan rakyat setelah pandemi baru bisa mengadakan lagi jangan dimanfaatkan dengan nebeng spanduk dan baliho, ucapan selamat datang elit partai politik, ini pesta rakyat bukan pesta politik,” ungkap Culeng kepada Jurnal Bogor.

Dirinya sebagai ketua organisasi kepemudaan di Kecamatan Sukamakmur sangat miris jika elit parpol selalu mengambil keuntungan dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh warga.

“Janganlah setiap kegiatan itu selalu dijadikan ajang manfaat, selain kami risih juga akan suudzon warga kepada pemdes yang berinisiatif mengadakan acara festival ini,” ujarnya

“Kalo mau hadir ya hadir aja, jangan pake memasang banner dan baliho seolah ikut berkontribusi kegiatan ini. Datanglah sebagai warga lain yang ikut menonton, itu baru elit politik yang merakyat, ” tambahnya.

Ia menambahkan, teguran yang dilakukan camat kepada panitia untuk memerintahkan menurunkan spanduk dan banner sudah sangat tepat, dan dirinya pun berharap kepada para tim sukses atau parpol jangan mengambil kesempatan dalam setiap kegiatan. 

“Ini pesta rakyat, bukan pesta parpol tolong hargai,” pungkasnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles