29.6 C
Bogor
Thursday, May 16, 2024

Buy now

spot_img

Bazar Ciawi Fair Bantu Warga Berbelanja Kebutuhan Idul Fitri

Ciawi|Jurnal Bogor

Warga Kabupaten Bogor persisnya yang berada di Kecamatan Ciawi, Caringin hingga Cigombong, merasa terbantu adanya Bazar Ciawi Fair 2023 yang dilaksanakan di lapangan Lorena tepatnya di Kelurahan Harjasari, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Sebab, keberadaan bazar tersebut dinilai membantu warga menjelang Idul Fitri untuk membeli kebutuhan sandang.

Ramainya pengunjung bukanlah tanpa alasan, selain ratusan stan dengan berbagai macam produk makanan hasil UMKM hingga pakaian dijual dengan harga yang terjangkau.Tak hanya itu, berbagai macam wahana permainan pun tersedia dan menjadi daya tarik tersendiri.

Yudi Hermawan, warga Kampung Bakom Desa Ciawi, Kecamatan Ciawi mengaku terbantu adanya bazar yang berlokasi tidak jauh dari tempat tinggalnya tersebut. Selain menyediakan berbagai wahana permainan, di bazar itu juga terdapat penjual kebutuhan jelang Idul Fitri mulai dari pakaian untuk solat ied, sarung, celana, hingga sandal dan lainnya.

 “Jadi saya tidak harus pergi ke pasar atau mall untuk berbelanja pakaian, baik pakaian anak maupun pakaian saya solat ied. Karena semua sudah ada di bazar itu dengan harga sangat murah dan terjangkau,” akunya kepada Jurnal Bogor.

Pantuan di lokasi, wahana permainan yang tersedia di bazar Ciawi fair 2023 ini di antaranya kincir, ombak banyu, ontang-anting, kora-kora hingga beragam permainan adu ketangkasan. Ada pula sejumlah wahana yang aman dinaiki anak-anak seperti kereta lokomotif mini, trampolin, perahu air, hingga mandi bola. Bermodal Rp 15 ribu, masing-masing wahana dapat dicoba.

Usai mencoba berbagai wahana permainan, pengunjung yang merasa haus dan lapar pun tidak perlu kuatir karena terdapat berbagai macam pedagang makanan dan minuman yang harganya merakyat.

”Bazar Ciawi Fair 2023, bertujuan meningkatkan ekonomi kerakyatan karena pedagang disini semua merupakan pelaku UMKM, untuk wahana permainan itu agar menjadi daya tarik masyarakat sehingga mau berkunjung,” ujar Agus Chandra pengelola Bazar Ciawi Fair 2023 kepada wartawan.

Agus juga menambahkan, digelar kegiatan tersebut sesuai dengan program pemerintah dalam rangka peningkatan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19 yang menimbulkan keterpurukan ekonomi nasional. Total stan yang tersedia, kata dia lagi, berjumlah hampir 150 dengan 11 unit wahana permainan.

”Disini masyarakat bisa bermain dan berbelanja kebutuhan menjelang Idul Fitri dengan harga yang terjangkau. Disisi lain, rekrutmen warga sebagai tenaga kerja juga menjadi hal utama meskipun bersifat sementara,” imbuhnya.

Terpisah, pengamat ekonomi Andika Pakpahan menjelaskan, pemerintah pusat dan daerah harus memberikan ruang seluas-luasnya bagi pelaku UMKM karena dampak pandemi Covid-19 yang beberapa tahun ini melanda sangat berdampak terhadap ekonomi kerakyatan. Disisi lain, harusnya ada peran pemerintah dalam memberikan berbagai peluang sekaligus permodalan bagi masyarakat pelaku UMKM.

“Pasca Covid-19, pemerintah harus memberikan peluang seluas-luasnya bagi kegiatan UMKM agar ekonomi masyarakat bisa kembali terdongkrak. Bila perlu, berikan mereka (pelaku UMKM,red) modal usaha agar bisa kembali berusaha demi mencukupi kebutuhan sehari-hari,” tandasnya. 

** Dede Suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles