31.6 C
Bogor
Thursday, May 2, 2024

Buy now

spot_img

Kantor Desa Gunung Putri Digeruduk Puluhan Ketua BPD Kabupaten Belitung Timur

Gunung Putri | Jurnal Bogor

Kantor Desa Gunung Putri, Gunung Putri, Kabupaten Bogor kembali dipenuhi oleh tamu undangan yang ingin meniru semua inovasi – inovasi yang sudah berhasil diaplikasikan di desa tersebut. Kali ini kunjungan datang dari Badan Permusyawaratan Desa se-Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (08/03/23).

Kepala Desa Gunung Putri Daman Huri mengatakan, kunjungan ini merupakan kunjungan kerja dan studi tiru dari Kepulauan Bangka Belitung. Kunjungan kali ini dilakukan oleh BPD se – Kabupaten Babel Timur untuk mengaplikasikan inovasi – inovasi yang sudah berjalan di Desa Gunung Putri.

“Tadi kami paparkan, keberhasilan desa dalam membangun beberapa bidang dan sudah pula dirasakan hasil dan manfaatnya oleh masyarakat Desa Gunung Putri khususnya,” papar A Heri kepada Jurnal Bogor.

Menurutnya, selain dengan suksesnya keberadaan BUMDes Mart. Kini seni batik ecoprint menjadi ikon Desa Gunung Putri. Hasil ini kata dia dicari dan dibeli oleh setiap tamu dari luar daerah yang berkunjung ke desa Gunung Putri.

“Hal lain yang saya paparkan ialah adanya keberadaan tower alat komunikasi yang pertama ada di Kabupaten Bogor. Hanya Desa Gunung Putri yang sedang berproses memiliki tower komunikasi,” ujarnya.

Diakuinya, baru tiga tahun dia menjabat sebagai kepala desa, sambung A Heri, tidak menyangka desa yang dulu tak terdengar sama sekali kini populer bahkan selalu menjadi sasaran kunjungan dan percontohan desa dari luar daerah.

“Saya ucapkan terima kasih atas kepercayaan instansi yang sudah berkunjung ke Desa Gunung Putri. Dan saya harap setiap adanya kunjungan dari luar bisa untuk bertukar ilmu dan inovasi dari desa masing-masing. Karena sejatinya setiap desa pasti punya inovasi sendiri,” ungkapnya.

“Dan keberhasilan ini pun tak lepas dari peran semua stakeholder yang sudah mendukung program kerja saya sebagai kepala desa. Terkhusus masyarakat Desa Gunung Putri yang selalu mensupport kegiatan desa,” lanjutnya lagi.

Sementara, Ketua rombongan Badan Kerjasama Antar Desa se – Indonesia (BKADSI) Abdul Hadi menyampaikan tujuan kunjungan BPD ke Desa Gunung Putri, selain untuk sharing, juga melihat hasil dari inovasi dan kerajinan yang ada di desa ini. Dimana, mungkin dari beberapa item yang dipaparkan salah satunya bisa diaplikasikan di wilayah mereka.

“Wilayah kami terkenal dengan daerah tambang timah, dimana sebagian besar warganya bekerja sebagai petambang. Namun, saat ini sedikit demi sedikit warga mulai beralih, maka dari itu kami lihat banyaknya potensi di desa ini semoga bisa kami aplikasikan di daerah kami pula dan bisa berhasil seperti Desa Gunung Putri ini,” cetusnya.

Abdul Hadi juga mengagumi pemaparan yang disampaikan oleh Kepala Desa Gunung Putri. Sangat detail dan jelas serta mudah dipahami, dan yang lebih mengagetkan lagi apa yang sudah dicapai di desa ini semua hasil saat dia menjadi kepala desa.

“Luar biasa untuk Kepala Desa Gunung Putri. Dengan semua inovasi dan pencapaiannya sudah sangat pantas sekali mendapatkan penghargaan dari tingkat nasional. Kami ucapkan juga terimakasih banyak untuk semua jamuan dan pengetahuannya, ini sangat luar biasa sekali,” pungkasnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles