25.6 C
Bogor
Saturday, May 4, 2024

Buy now

spot_img

Angin Kencang Robohkan Rumah Warga di Cigudeg

Cigudeg | Jurnal Bogor 

Rumah milik Wahyudi (40) warga Kampung Citeureup RT 01 RW 12, Desa Cigudeg, Cigudeg, Kabupaten Bogor ambruk diterpa angin kencang. 

Kejadian ambruknya rumah yang dihuni oleh empat jiwa itu terjadi pada Selasa (7/03/2023). Selain disebabkan oleh angin kencang, hunian itu kondisinya sudah lapuk termakan usia. 

Kepala Desa Cigudeg Andi Supriyadi mengatakan, pihaknya sudah mewanti-wanti penghuni rumah sSehingga sebelum ambruk penghuni diungsikan ke tempat yang aman. Tidak ada korban luka berat maupun ringan pada peristiwa itu.

“Setelah kami mendapatkan laporan dari RT setempat langsung kita assesment dan penghuni rumah diungsikan sementara waktu karena melihat kondisi rumahnya,” katanya, Rabu (8/3/2023).

Dia menjelaskan, kondisi rumah milik Wahyudin tersebut sudah rapuh, terlebih dinding rumahnya tidak menggunakan plester aci sehingga mudah lapuk. 

“Apalagi terus menerus kena hujan dan panas, kemungkinan dindingnya sudah tidak kuat menahan beban diatasnya,” jelasnya.

Hal itu juga membuat pihak Kecamatan Cigudeg langsung turun ke lokasi, melalui staf kasi Pemberdayaan Masyarakat (PM)  menyebutkan sebab robohnya rumah warga tersebut lantaran kondisinya yang telah rapuh.

“Iya, setelah staff kita survey ke lokasi memang betul kondisi huniannya rapuh dan beruntung tidak ada korban jiwa. Kita tindak lanjuti dengan pelaporan ke tingkat atas,” ucap Kasi PM, Imas Masmawati.

Di tempat yang sama, anggota BPBD Kabupaten Bogor, Juweni, dan Suherman yang meninjau lokasi pun sangat bersyukur dan mengapresiasi langkah Pemdes dan Pemcam yang begitu sigap menerima aduan masyarakat sehingga dapat mengantisipasi adanya korban jiwa.

“Selebihnya kami dari BPBD mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk sekiranya selalu berhati-hati dan waspada dengan kondisi cuaca yang terkadang tidak menentu,” pungkasnya.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles