30 C
Bogor
Sunday, February 25, 2024

Buy now

spot_img

Musim Penghujan, Jaga Daya Tahan Tubuh!

Nanggung | Jurnal Bogor

Intensitas curah hujan sedang dan lebat yang terus turun di wilayah Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor membuat rentan akan segala hal penyakit pada tubuh.

Biasanya penyakit musim hujan ini yang paling sering terjadi adalah flu. Dengan begitu kita harus senantiasa menjaga daya tahan tubuh selain itu juga menjaga kebersihan lingkungan.

“Jadi memang di musim hujan seperti ini biasanya penyakit batuk pilek dalam hal ini masyarakat harus menjaga daya tubuh dengan cara pola hidup sehat dan  makanan seimbang,” kata Kepala Puskesmas Nanggung dr. Baringin TA Manik kepada Jurnal Bogor, kemarin.

Menurut dia, pentingnya menjaga daya tahan tubuh dan lingkungan agar penyakit yang lain tidak muncul seperti penyakit diare.

Manik juga menyarankan agar masyarakat jangan buang air besar (BAB) di air mengalir. Pasalnya, dikhawatirkan di musim hujan saat ini air sungai meluap dan menyebabkan penyakit diare.

“Jadi kesehatan lingkungan juga harus dijaga, seperti  jangan BAB di air yang mengalir atau WC komunal. Karena kalau BAB di aliran air kala musim hujan ini, air sungai meluap dan  terkontaminasi ke orang,” paparnya.

“Jaga kesehatan tubuh secara teratur dan menjaga kondisi lingkungan, takut nanti penyakit-penyakit diare bisa muncul,” tambahnya.

Kendati begitu, di wilayah Kecamatan Nanggung, kata Baringin masyarakat yang sakit dari musim hujan ini masih terkendali atau masih seperti biasanya.

“Sesuai data biasa, belum ada peningkatan yang sakit. Tetapi kita meminta agar masyarakat tetap menjaga dengan membiasakan perilaku hidup sehat atas kesadaran sendiri,” pungkasnya.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,832FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles