24.6 C
Bogor
Friday, April 26, 2024

Buy now

spot_img

Just Fontaine, Pencetak Rekor 13 Gol di Piala Dunia Prancis Meninggal Dunia

Bogor | Jurnal Bogor

Pesepakbola Prancis yang mencetak rekor 13 gol di Piala Dunia 1958, Just Fontaine meninggal dunia pada usia 89 tahun, Rabu (3/1).

Mantan klub Fontaine, Reims, dan federasi sepak bola Prancis mengonfirmasi meninggalnya Just Fontaine.

Dia akan selamanya dikenang karena mencetak 13 gol di Piala Dunia 1958, suatu prestasi luar biasa yang tampaknya tidak mungkin ditandingi.

Hingga hari ini, hanya tiga pemain yang mencetak lebih banyak gol Piala Dunia daripada Fontaine, meski pemain Reims itu hanya tampil di satu turnamen dan hanya memainkan enam pertandingan.

Lionel Messi menyamai penghitungannya pada rekor kemenangan Argentina baru-baru ini di Qatar, tetapi dia membutuhkan lima Piala Dunia untuk sampai ke sana.

Fontaine kelahiran Maroko, Agustus 1933 merupakan penyerang yang kurang dikenal di luar liga Prancis. Namun dia membengisi lawan dengan kecepatan dan sentuhan akhir. Fontaine bersekolah di Casablanca, dan memulai karir sepak bolanya di sana

Fontaine mencetak empat gol dalam perebutan tempat ketiga melawan Jerman Barat, tetapi bisa mencetak lima gol jika dia melakukan tendangan penalti.

Selain prestasinya bersama tim nasional, Fontaine empat kali memenangkan gelar liga Prancis, Piala Prancis, dan mencapai final Piala Eropa 1959 selama karir klubnya bersama USM Casablanca, Nice dan Reims.

** Intan Husna Fahrunnisa/mg-jb

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles