32.2 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

Isra Mi’raj Saung Riyadhoh Sadulur  Dihadiri Ribuan Masyarakat 

Bogor Timur | Jurnal Bogor 

Ribuan masyarakat dari berbagai elemen tumpah ruah ikut memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1444 hijriah yang digelar Saung Riyadhoh Sadulur, Kampung Cikeas, Kelurahan Katulampa, Bogor Timur, Kota Bogor, Jumat (17/2/2023).

Acara ini juga untuk mempererat silaturahmi dari berbagai elemen masyarakat.  “Dalam rangka Isra Mi’raj, silaturahmi untuk mempersatukan hubungan baik antara ormas, LSM dan perguruan supaya tidak ada perbedaan,” kata Pimpinan Saung Riyadhoh Sadulur, M.Isa Ansori, kepada wartawan.

Diakui Ansor karena dalam Isra Mi’raj menyejukkan hati, sehingga pihaknya mengangkat tema dengan tajuk telaga Rasulullah kesejukan cinta ada di Isra Mi’raj.

“Karena dalam Isra Mi’raj Baginda Nabi, buah tangannya bukan hanya shalat tapi shalawatnya juga, perjalanan dari Mekah ke Madinah itu ada historisnya,” jelasnya.

Ia pun berharap dalam hal ini umat Islam bisa bersatu menjaga negara kesatuan Republik Indonesia, dan dia ingin menunjukkan kepada semua pihak bahwa perpecahan itu adalah hal yang tidak baik.

“Ini bukti kalau kami ini cinta persatuan,” ucapnya. 

Hal tersebut turut diapresiasi oleh Yayasan Pendidikan Pusat Persatuan Olah Raga Silat Kebatinan (Poskab) Sapu Jagat.

“Kami dari keluarga besar Poskab sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Saung Riyadhoh Sadulur,” kata Guru Besar Paguyuban Sapu Jagat Ustad Mahmudin Bangbara.

Dia menjelaskan, dengan Isra Mi’raj yang menimbulkan silaturahmi itu adalah bagian dari keluarga besar Sapu Jagat.

Bahkan, perguruan Sapu Jagat sendiri tidak memandang latar belakang seseorang, dengan harapan semua elemen masyarakat dalam riyadhoh bisa tetap bersatu dalam menjalankan syiar Islam.

“Mudah-mudahan dengan silaturahmi ini bisa mempersatukan persaudaraan yang lebih erat lagi,” jelasnya.

Terlihat dalam Isra Mi’raj tersebut tak hanya masyarakat, sejumlah organisasi kemasyarakatan dan lembaga-lembaga swadaya masyarakat, Camat Bogor Timur, Lurah Katulampa mengikuti kegiatan hingga akhir.

Pengajian diisi oleh para tokoh agama diantaranya Ustadz Abuya Deni Anwaruwah, Guru Besar Sapu Jagat Pusat, KH. Wahyudin S.Sos, Jujun Muda dan Habib Rahmi Al Athos.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles