30.6 C
Bogor
Sunday, May 5, 2024

Buy now

spot_img

Melalui Ketahanan Pangan, Pemdes Pangkaljaya Programkan Penggemukan Sapi

Nanggung l Jurnal Bogor 

Pemerintah Desa Pangkaljaya, Nanggung, Kabupaten Bogor melakukan program ketahanan berupa hewan ternak dan pertanian, diantaranya pembelian 10 ekor sapi melalui dana desa tahun anggaran 2022 dan selama beberapa bulan kedepan dilakukan penggemukan.

“Program ketahanan pangan, selain hewan ternak sapi termasuk budidaya ikan serta pemanfaatan lahan perkebunan masyarakat dengan ditanaminya sayur mayur seperti buncis  dan bawang.

Namun, untuk peternakan  yang dipilih, yakni  hewani sapi,” jelas Kepala Desa Pangkaljaya Taupik Sumarna kepada Jurnal Bogor, Kamis (16/2/2023).

Penggemukan tersebut menempati kandang seluas 5×8 meter yang berada di Kampung Gunung Malang. Proses penggemukan sapi ini melibatkan kelompok tani dan mengedukasi masyarakat untuk meningkatkan nilai ekonomi.

Diakui Kades Sumarna, modal pembelian sapi mamang cukup besar, tetapi keuntungan hasil penjualan sapi pun diharapkan bisa maksimal. “Target, jelang Idul Adha 10 ekor sapi sudah bisa terjual. Hasil penjualan sapi itu kemudian bisa digulirkan kembali,” paparnya.

Ia berpesan sapi yang sedang proses penggemukan itu, terus  dijaga  dan dirawat dengan baik sehingga kedepan dapat memenuhi kebutuhan pangan hewani yang ada di desanya. Tak sampai disitu, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat  pihaknya bakal melakukan budidaya hewan ternak jenis ayam kampung. “Jelang Idul Fitri, nantinya ayam tersebut bisa dijual langsung,” jelasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles