29.6 C
Bogor
Thursday, May 2, 2024

Buy now

spot_img

Potensi Sukamakmur Terkendala Akses Jalan

Sukamakmur | Jurnal Bogor

Potensi alam dan wisata di Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor sebagai identitas utama Sukamakmur sejauh ini belum dapat dikembangkan secara maksimal. Hal itu lantaran keterbatasan akses jalan menuju beberapa titik lokasi wisata yang sangat sempit dan banyak kerusakan.

Oleh karena itu, Camat Sukamakmur Bakri Hasan berharap jalur Puncak Dua dapat segera direalisasikan sehingga dapat mendukung upaya pengembangan sektor pariwisata di Kecamatan Sukamakmur.

“ Masih ada jalan yang kondisinya rusak. Jalan akses wisata kondisinya juga kurang lebar. Ke Sukamakmur itu belum bisa masuk bus yang ukuran 60 kursi. Bisanya bus tiga perempat, kalau enggak mobil pribadi,” kata Bakri Hasan kepada Jurnal Bogor, Minggu (05/02/23).

Bakri menilai, dibutuhkan jalan yang lebih lebar, sehingga bus berukuran besar bisa masuk ke wilayah Sukamakmur. Dengan begitu, diharapkan tingkat kunjungan wisatawan pun dapat meningkat.

“ Saat ini kondisi arus lalu lintas setiap akhir pekan terbilang padat oleh wisatawan. Selain membutuhkan jalan yang lebih lebar, diperlukan upaya mengurai arus lalu lintas, seperti dengan pembangunan jalur alternatif,” kata dia.

Bakri mengatakan jalur jalan poros tengah timur atau Puncak Dua bisa menjadi salah satu alternatif solusi untuk mengatasi permasalahan jalan di Kecamatan Sukamakmur.

“Jadi, enggak macet di jalur Puncak. Mereka bisa lewat sini, jadi dipecah (lalu lintasnya). Kan jalur Sukamakmur ini tembus ke Cianjur juga,” kata dia.

Bakri juga berharap potensi lainnya di Sukamakmur dapat dikembangkan. Ia mencontohkan soal kopi, di mana Kecamatan Sukamakmur merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbesar di Bogor. Ia menginginkan petani kopi bisa dioptimalkan dan hasil panennya dikembangkan.

“Sekarang memang banyak tempat ngopi, tapi cuma kelompok tertentu. Yang kita inginkan itu petani kopi yang ada bisa dimaksimalkan,” pungkasnya.

** Taufik / Nay

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles