34.2 C
Bogor
Friday, May 17, 2024

Buy now

spot_img

Percepat Peningkatan Status Jalan Lingkar Klapanunggal

Klapanunggal | Jurnal Bogor

Pembanguan ruas Jalan Lingkar Klapanunggal, Kabupaten Bogor sedang dilakukan proses peningkatan status jalan yang tadinya jalan desa menjadi jalan kecamatan. Hal ini dilakukan lantaran, banyak ruas jalan yang terkena ploting jalan lingkar masih merupakan jalan desa.

“Kami sedang upayakan agar peningkatan status jalan dari desa ke jalan kabupaten ini dapat segera selesai. Sehingga Pemkab Bogor nantinya dapat mengalokasikan anggaran secara maksimal untuk pembangunan jalan ini,” ujar Kosasih kepada Jurnal Bogor, Minggu (05/02/23).

Seperti diketahui, realisasi pembangunan Jalan Lingkar Klapanunggal yang melintasi lima desa yakni Desa Kembang Kuning, Klapanunggal, Cikahuripan, Bojong dan Desa Ligarmukti akan menjadi pintu pembuka bagi perkembangan Kecamatan Klapanunggal.

Selain mempermudah akses transportasi masyarakat, pembangunan ruas jalan tersebut secara tidak langsung akan berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat Klapanunggal.

“Pembangunan ruas Jalan Lingkar Klapanunggal ini menjadi agenda utama Pemkab Bogor untuk direalisasikan karena nilai strategis dari pembangunan jalan ini,” kata Camat Klapanunggal Ahmad 
Kosasih.

Menurutnya, lantaran besarnya anggaran yang harus dikeluarkan untuk merealisasikan jalan tersebut, maka proses pembangunan Jalan Lingkar Klapanunggal akan dilakukan secara bertahap.

“Selain dari Pemkab Bogor, kami juga mengharapkan partisipasi dari swasta guna melancarkan pembangunan ruas jalan ini,” kata dia. 

Sementara itu, salah satu warga Desa Klapanunggal, Ahmad menyatakan dirinya sangat setuju jika proses pembangunan Jalan Lingkar Klapanunggal segera dituntaskan. Pasalnya, ruas jalan tersebut akan mampu mengurai kemacetan di Kecamatan Klapanunggal yang selama ini hanya memiliki satu akses jalan yakni Klapanunggal-Bojong.

“Saat ini akses utama di Klapanunggal hanya jalan Klapanunggal-Bojong. Jadi kalau macet, belum ada alternatif lain. Dan sekarang kondisi jalan tersebut juga sudah sering macet karena banyaknya kendaraan yang melintas,” singkatnya.

** Taufik/Nay 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles