24.6 C
Bogor
Thursday, April 18, 2024

Buy now

spot_img

Diresmikan Ridwan Kamil, Situ Gede Makin Menawan

Bogor | Jurnal Bogor

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) meresmikan kawasan Situ Gede seluas 6 hektare yang berada di Kecamatan Bogor Barat, Kamis (19/1).

Penataan Situ Gede menelan anggaran sebesar Rp7 miliar, dan menjadi salah satu destinasi ekowisata di Kota Bogor. Alhasil, area tersebut pun lebih terlihat lebih menawan dari sebelumnya.

Dalam peresmian itu, RK bersama Bima Arya sempat melepas bibit ikan, kemudian berjalan menyapa warga. Keduanya pun sempat menjajal wahana kano buatan penyedia perlengkapan outdoor asli Bogor, yakni Boogie.

“Silakan manfaatkan situ gede yang sudah (direvitalisasi dengan anggaran, red) Rp 7 miliar direvitalisasi oleh provinsi, untuk peningkatan ekonomi wisata,” ujar Ridwan Kamil usai meresmikan Situ Gede pada Kamis (19/1).

Diketahui, Situ Gede merupakan sebuah danau alami dikawasan Pusat Penelitian dan Pengembangan Kehutanan (PUSLITBANG) sebagai pengelola kawasan hutan konservasi yang sudah dikelola sebagai objek wisata domestik.

Usai direvitalisasi, kini Situ Gede yang berada di kawasan hutan lindung Cifor, semakin potensial menarik para wisatawan lantaran dilengkapi dengan berbagai sarana rekreasi. Diantaranya, wahana air, jogging track dan tempat istirahat hingga warung-warung kuliner yang tersedia di seputaran danau.

“Kedepan bisa ditambah sesuai kebutuhan tempat ini istimewa, dan tentunya diharapkan menjadi daya tarik, karena wisatawan yang ke Kota Bogor pasti niatnya kuliner dan pariwisata. Saya kira tidak banyak kota di Jawa Barat yang memiliki danau istimewa,” paparnya.

Kata dia, banyak situ atau danau di Jawa Barat yang mesti didorong secara fungsi dan lainnya agar dapat menjadi potensi wisata.

Ia berharap Situ Gede dapat memberikan kemaslahatan bagi masyarakat. Atas dasar itu, RK meminta Wali Kota Bogor Bima Arya untuk memberdayakan sekaligus mendongkrak potensi wisata yang ada di Situ Gede.

“Titip ke Pak Wali, aktivasi, ramaikan kegiatan Agustusan, Cap Go Meh apa yang berhubungan dengan air perahu naga dan lainnya. Saya kira akan menjadi keunikan Kota Bogor yang luar biasa berbasis air,” ucapnya.

RK juga meminta kepada warga untuk senantiasa menjaga kebersihan dan ketertiban.

“Ini tahun terakhir saya sebagai Gubernur Jabar kurang lebihnya mohon maaf, tapi dimana ada kesempatan, saya terus membangun Kota Bogor sesuai aspirasi masyarakat dan Pak Wali,” ujar dia.

Terpisah, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi Jabar, Dicky Ahmad Sidik, menuturkan bahwa dengan penataan yang dilakukan, Pemprov Jabar meyakini kawasan tersebut bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

Sebab, sambung dia, lokasi Situ Gede dekat dengan perkotaan, kawasan pendidikan, dan aksesnya juga mudah dijangkau.

Lebih lanjut, kata dia, Situ Gede merupakan danau interkoneksi dari situ-situ sekitarnya yang berada di Kelurahan Situ Gede. Yakni, Situ Leutik, Situ Panjang dan Situ Burung, sehingga pengembangan kawasan Situ Gede merupakan upaya Konservasi Sumber Daya Air dan pengendali banjir.

“Adapun ruang lingkup pekerjaan tahun anggaran 2021 di tempat ini meliputi, pekerjaan Plpersiapan, area parkir, pedestrian, plaza, jogging track, gerbang, landscape, shelter, toilet, mushola, spot selfie, Bidang Sumber Daya Air (Perbaikan Tanggul Situ dan pengerukan atau normalisasi),” tandasnya.n Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles