26.2 C
Bogor
Tuesday, May 14, 2024

Buy now

spot_img

SMKN 1 Gunungputri Kabupaten Bogor Gelar Festival Karir 2023 Selama 2 hari

Gunung Putri | Jurnal Bogor
SMK Negeri 1 Gunungputri, yang berada di Desa Wanaherang, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, menggelar kegiatan perdana diawal tahun yaitu Festival Karir 2023 yang berlangsung selama 2 hari yakni Senin dan Selasa, 09-10  Januari 2023, dengan tema “Percik Api Karir Gemilang” yang dipusatkan di Lapangan Tiga Roda dan Aula Sekolah.

Kegiatan festival ini diawali opening speech dari Ketua Panitia Festival Karir, Hafidz Djayalaksana, ST, dan dibuka oleh penampilan Pentas Seni dan marawis dari rohis SMKN 1 Gunungputri.

Kepala Sekolah SMKN 1 Gunungputri Juniartini, S.Pd menjelaskan, hari pertama Festival Karir ini meliputi seminar bedah jurusan yang disampaikan oleh alumni SMKN 1 Gunung Putri dari PTN yaitu UNJ, Unibraw, PNJ, Unsika, IPB, UIN Bandung, dan UPN Veteran Jakarta.
Selanjutnya kegiatan seminar career planning oleh Putri Ria Angelina, M.Pd, Kons, lalu ada sharing usaha bisnis digital dengan alumni Hidayanti yang sukses  membangun wirausaha sambal bekerja, lalu dilanjutkan dengan seminar strategi pemasaran digital (pembuatan video iklan) oleh Muhammad Luthfi Ghozali, SE., MM.

“Kegiatan hari kedua diawali oleh kegiatan sholat Dhuha bersama, dilanjutkan penampilan teater oleh ekskul Kabita, dan kegiatan inti yaitu Seminar Ketenagakerjaan oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bogor Zaenal Ashari, S,Sos, MM, lalu presentasi kegiatan magang ke Jepang oleh PT Jiaec dan LPK Prodigi, presentasi magang ke Jerman oleh Rudi Russel, dan WorkShop Pembuatan CV dan Surat Lamaran Kerja oleh Dody Ari Kurniawan dari PT VIP,” beber Juniartini kepada Jurnal Bogor, Kamis (12/01/23).

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor Asep Mulyana Sudrajat, SH., turut memberikan materi tentang bimbingan teknis mengurus legalitas wirausaha kepada kelas XII, yang memilih jalur wirausaha dalam pilihan karirnya. Kegiatan lain dalam Festival Karir yaitu pelatihan jurnalistik dan pelatihan kehumasan dengan sasaran bapak ibu guru SMKN 1 Gunungputri.

“Festival Karir diisi juga oleh kegiatan stand kampus PTS meliputi UHAMKA, Universitas IPWIJA, Universitas Mercu Buana, UIKA Bogor, STT Bandung, `IBI Kesatuan dan LP2TK Gatot Koco, selain itu ada stand dari UMKM kecamatan Gunungputri dan Market Day dari peserta didik SMKN 1 Gunungputri,” ujarnya.

Dan hari terakhir, sambung Juniartini, diisi oleh stand Job Fair dari PT.Alfamart, PT.BTPN Syariah, PT. Prima Food dan PT Lucky Light Globalindo yang melaksanakan rekrutmen pegawai dari alumni SMKN 1 Gunung Putri dan masyarakat umum, yang dihadiri oleh peserta job fair melamar sekitar 900 orang, demikian juga PT.Jiaec dan LPK Prodigi juga turut mengisi stand pelayanan untuk siswa dan alumni atau masyarakat yang ingin mendaftar program magang ke Jepang.

“Saya berharap, Festival Karir ini mewujudkan kompetensi lulusan SMK yaitu bekerja, melanjutkan studi dan wirausaha. Dan adanya kegiatan Festival Karir 2023 SMKN 1 Gunung Putri ini bisa menjadi pemantik untuk lulusan SMK dalam menentukan karirnya, ” tandasnya.

Sementara, Wakasek Hubinmas SMKN 1 Gunung Putri Karyadi menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan penuh sekolah, instansi pemerintah daerah, kampus, dunia industri dan dunia usaha serta masyarakat umum yang turut mensukseskan pelaksanaan Festival Karir 2023.

“Alhamdulih kegiatan Festival Karir 2023 ini diikuti oleh seluruh peserta didik SMKN 1 Gunung Putri sebanyak 1.317 siswa, alumni dan masyarakat sekitar kurang lebih 800 orang, dari wilayah Kecamatan Gunung Putri dan sekitarnya, “ pungkas Karyadi.
Kegiatan tersebut turut dihadiri Pengawas Pembina Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 1 Provinsi Jawa Barat Carlab, M.Pd, serta dipandu oleh MC Trian Fitriani, S.Pd dan Eman Sulaeman, S.Pd.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles