SDM Jadi Konsen BPPSDMP Wujudkan Petani Berwirausaha

0
Prof. Dedi Nursyamsi

Bogor | Jurnal Bogor

Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) akan menggelar Harmonisasi dan Apresiasi SDM Pertanian 2022. Dalam konferensi pers virtual, Rabu (14/12/2022), Kepala BPPSDMP Prof. Dedi Nursyamsi menekankan pentingnya sumber daya manusia (SDM) pertanian agar memiliki daya saing sehingga produktivitas pertanian kian meningkat di masa-masa mendatang.

“Percuma kalau SDM memble, sehebat apa pun teknologinya,” ujar Prof.Dedi.

Dalam pencapaian kinerja pada tahun 2022 ini, BPPSDMP diantaranya terus mendorong kredit usaha pertanian (KUR) agar petani berkembang dan terus melahirkan petani-petani milenial yang berwawasan wirausaha.

“Sekarang ini ada 221 ribu telah dibina dan 34 ribu diantaranya telah mendapat akses KUR dan KUR ini menjadi ciri bahwa petani itu beneran usaha, sudah Rp2,2 triliun,” jelanya, dimana secara keseluruhan ada 22 juta petani dan 4 juta mendapat KUR sebesar Rp6,6 triliun.

Prof.Dedi juga memastikan banyak pencapaian yang telah dilakukan seperti pelatihan sejuta petani dan penyuluh dengan 6,8 viewer karena pada dasarnya, pihaknya terus membangun petani dan penyuluh champion. “Pemberdayaan petani milenial itu penting agar mindset petani itu berubah. Tidak lagi berkutat pada produksi, tetapi bagaimana pengemasan, olahan dan pemasaran. Upaya ini memberi benefit lebih ke petani,” ungkapnya.

Kini ada 20 penghargaan yang diterima BPPSDMP dari MURI dan sejumlah kolega. Hasil ini diakui Prof.Dedi berkat adanya harmonisasi di lembaganya. Harmonisasi atau penyelarasan dilakukan mulai diberbagai sector struktural dan kegiatan, serta satu komando diakui Prof.Dedi jadi kunci keberhasilan.

“Bayangkan kalau angklung saja dengan beragam nada mainnya sendiri-sendiri, itu gak enak. Tapi kalau dimainkan harmonis akan menghasilkan simponi yang syahdu,” jelasnya.

** Asep.S.Sayyev

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here