23.6 C
Bogor
Thursday, March 28, 2024

Buy now

spot_img

Program Jembol Disdukcapil Kabupaten Bogor Dikunjungi Dirjen Dukcapil Kemendagri RI

Leuwiliang | Jurnal BogorĀ 

Untuk memberikan manfaat kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor di wilayah Unit Pelaksana Teknis Kependudukan dan Pencatatan Sipil (UPT Dukcapil) IV Leuwisadeng gelar jemput bola (jembol) pelayanan administrasi kependudukan.

Kegiatan yang menyasar warga Desa Cibeber II, Leuwiliang, Kabupaten Bogor itu dikunjungi Dirjen Dukcapil Kemendagri RI bersama ketua Darma Wanita, Sabtu (11/12/22).

Kegiatan itu diapresiasi Dirjen Dukcapil Kemendagri dan Darma Wanita yang melaksanakan  bakti sosial terhadap warga yang dikategorikan lansia dan anak yang mengalami stunting di wilayah tersebut. 

“Kita bekerja agar bisa bermanfaat bagi masyarakat, Dirjen Dukcapil dalam mendukung program jembol ini, ada kegiatan yang diselenggarakan oleh Darma Wanita yang melakukan kegiatan bakti sosial ke tingkat desa,” kata Kepala UPT Dukcapil Wilayah IV Leuwisadeng Toni Topani.

Toni menjelaskan, program jembol yang dilakukan oleh pihak Disdukcapil Kabupaten Bogor melalui kantor UPT Dukcapil Wilayah IV Leuwisadeng  memberikan pelayanan adminduk  kepada masyarakat seperti permohonan akta kelahiran, akta kematian, pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA), dan permohonan pencetakan KTP elektronik.

ā€œSebanyak 300 pemohon dan akta kematian. Jadi pelayanan yang kami berikan merupakan rutinitas yang dilakukan oleh kami di kantor UPT maupun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor,” jelasnya.

Sementara, Camat Leuwiliang Daswara Sulanjana, mengaku pelayanan  adminduk tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat. Sebab, kata dia, dalam hal ini dapat terfasilitasi bagi warga yang tidak terjamah oleh pihak kecamatan.

“Pelaksanaan yang diinisiasi oleh Dirjen Disdukcapil itu, tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat kami khususnya di wilayah Desa Cibeber II ini, karena dapat memfasilitasi persoalan adminduk yang belum terjangkau,” paparnya.

Jadi kata dia, selain pelayanan adminduk yang dilaksanakan oleh Dirjen Dukcapil melalui kantor Disdukcapil Kabupaten Bogor terhadap masyarakat,  juga disisipkan adanya kegiatan bakti sosial oleh pihak Darma Wanita, dengan membantu dan memfasilitasi masalah kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan.

“Terima kasih saya ucapkan atas bantuannya dari ibu-ibu Darma Wanita Ditjen Dukcapil yang telah memberikan bantuan sosial dan memberikan pelayanan adminduk secara langsung

kepada masyarakat kami di Desa Cibeber II yang notabene mengalami persoalan stunting,” katanya.

Ditempat yang sama, Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh menyatakan, bahwa program yang dilakukan Disdukcapil di wilayah Kabupaten Bogor cukup bagus dengan begitu harus berkelanjutan.

“Pelayanan dan pembinaan ini bagus saya berharap ini terus berkelanjutan,” tukasnya.

** AndresĀ 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles