Desa Gunung Putri Kembali Mendapat Kunjungan Studi Banding 

0

Gunung Putri | Jurnal Bogor 

Pemerintah Desa Gunung Putri kembali dilirik oleh desa dari luar Bogor Timur dengan mendapatkan kunjungan lagi. Kali ini kunjungan masih dari tetangga seberang Kabupaten Bogor sebelah barat yaitu Pemerintah Desa se-Kecamatan Jasinga.

“Hari ini kami kembali mendapatkan kunjungan studi banding dari desa lain, hanya saja kunjungan kali ini masih dari saudara sekandung yaitu Pemerintahan Desa se-Kecamatan Jasinga,” ujar Kepala Desa Gunung Putri Damanhuri kepada Jurnal Bogor, Rabu (07/12).

Menurutnya, kunjungan kali ini dari 16 Sekretaris Desa se-Kecamatan Jasinga beserta perangkat desa dan Camat Jasinga pun ikut mengawal kegiatan studi banding tersebut.

“Studi banding ini terkait dengan BUMDes, KRL, UMKM, dan kami perlihatkan lokasi percontohan di RT 02 RW 11,” papar A Heri.

Selain itu, dia memaparkan beberapa program yang memang sudah berjalan di Desa Gunung Putri kepada Camat dan Sekdes se-Kecamatan Jasing yang mungkin nanti bisa diaplikasikan untuk kemajuan desa mereka disana.

“Kita semua tahu, letak Kecamatan Jasinga berada di ujungnya Kabupaten Bogor yang berbatasan dengan Jakarta dan Tangerang. Sudah pasti persaingan disana sangat keras, oleh karena itu sangat dibutuhkan kemajuan di berbagai bidang agar kita Kabupaten Bogor tidak hanya menonton kemajuan daerah tetangga,” ujarnya.

“Saya ucapakan terimakasih atas kunjungan dan kepercayaannya kepada Desa Gunung Putri. Semoga apa yang didapat di desa kami bisa diaplikasikan oleh saudara kita sendiri,” ucapnya.

Dia berharap kegiatan studi banding seperti ini baiknya memang dilakukan untuk daerah terdekat dahulu. Selain menghemat pengeluaran, juga bisa saling sharing untuk mencari jalan keluar dari kekurangan yang di miliki desa masing-masing untuk saling belajar agar yang kurang bisa sempurna.

“Dengan banyaknya kunjungan studi banding ini, semakin memicu Desa Gunung Putri untuk menjadi lebih baik lagi. Bukan untuk sekedar di kagumi, tapi kami hanya ingin berbagi ilmu, karena sejatinya apapun yang betul-betul kita niatkan pasti akan terlaksana terutama dalam menggunakan anggaran yang sudah disediakan oleh pemerintah. Saya berharap desa-desa yang ada di Kabupaten Bogor bisa maju dan mandiri seluruhnya, tak ada lagi desa tertinggal karena kita hanya berjarak kurang dari 50 kilo ke Ibu Kota,” pungkas A Heri.

** Nay Nur’ain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here