Insititut Bisnis dan Informatika (IBI) Kesatuan Bogor Wisuda 826 Sarjana dan Diploma Tiga

0

SDM yang Unggul Kunci Kemajuan Bangsa

Bogor | Jurnal Bogor

Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi konsen Insititut Bisnis dan Informatika (IBI) Kesatuan Bogor karena SDM yang unggul merupakan kunci bagi kemajuan bangsa Indonesia di masa depan. Hal ini diungkap Rektor IBI Kesatuan, Prof.Dr. H. Moermahadi Soerja Djanegara, S.E., M.M., Ak., CPA., CA., CFSA. ASEAN CPA dalam acara wisuda di Puri Begawan Bogor, Sabtu, 26 November 2022.

Wisudawan-wisudawati yang hadir tentunya para lulusan yang telah dibekali keahlian dan kemampuan untuk berkontribusi dalam pembangunan Indonesia di berbagai bidang untuk mendukung pencapaian Visi Indonesia Maju pada tahun 2045.

“Pandemi Covid-19 telah membawa perubahan yang mendasar bagi kehidupan masyarakat, termasuk kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi,” ucap Prof.Dr. H. Moermahadi Soerja Djanegara dalam sambutannya.

Salah satu yang terkena dampaknya adalah tidak dapat dilaksanakannya kegiatan belajar mengajar tatap muka. Perubahan ini terasa sangat cepat dan mendadak. Kampus harus melakukan adaptasi dengan melakukan berbagai inovasi pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan teknologi pembelajaran online.

IBI Kesatuan merespons kondisi ini dengan melaksanakan sistem pembelajaran secara daring melalui Learning Management System (LMS) IBI Kesatuan. Dengan adanya sistem pembelajaran tersebut dapat menciptakan komunitas pembelajaran digital melalui sistem pembelajaran synchronous dan asynchronous dengan memadukan berbagai fitur teknologi seperti video conference, diskusi virtual, quiz online, dan sebagainya.

Sementara IBI Kesatuan berhasil meluluskan 826 orang wisudawan-wisudawati yang terdiri dari 546 orang yang berasal dari program sarjana dan 280 orang dari program diploma tiga. Jumlah lulusan tahun ini meningkat sebanyak 112 orang atau 16% dari tahun sebelumnya yang berjumlah 714 orang.

Seluruh wisudawan-wisudawati telah dibekali keterampilan hardskill maupun softskill, dan telah diuji oleh lembaga sertifikasi profesi yang kompeten dan diakui Badan Nasional Sertifikasi Profesi, sehingga wisudawan/ti siap untuk menerapkan ilmu dan mengabdi kepada masyarakat di berbagai bidang sesuai profesi keilmuan masing-masing.

Dengan sertifikat profesi, wisudawan/ti memiliki kompetensi keahlian khusus karena sangat dibutuhkan dalam menjalankan profesi dan sekaligus untuk menghadapi berbagai situasi persaingan di lingkungan kerja, baik lokal, regional maupun global.

Program Kampus Merdeka merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan SDM unggul. Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Model pembelajaran MBKM memberikan fleksibilitas yang luas bagi mahasiswa untuk dapat mengembangkan pengetahuan di luar program studinya sehingga para lulusannya mampu memiliki keahlian tambahan yang mendukung bidang ilmu utamanya.

Program MBKM juga dapat meningkatkan experience, creativity, dan kemampuan mahasiswa beradaptasi, berempati, dan bertoleransi terhadap kebhinekaan Indonesia.

Mahasiswa IBI Kesatuan telah ikutserta pada beberapa program MBKM, diantaranya: 10 orang mahasiswa mengikuti perkuliahan di luar kampus melalui Program Pertukaran Mahasiswa MBKM yang tersebar di Universitas Warmadewa Bali, Universitas Negeri Medan Sumatera Utara, Universitas Sriwijaya Sumatera Selatan, Universitas Andalas Sumetera Barat dan Universitas Mataram Nusa Tenggara Barat.Program Pertukaran Mahasiswa MBKM dan lain lain

Sejumlah perkembangan yang prestasi yang diraih mahasiswa IBI Kesatuan yang kita banggakan sepanjang tahun akademik 2021/2022, juara 1 dan 2 pada ajang The National Speech and Storytelling yang diselenggarakan oleh Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun Bogor pada Maret 2022, juara 2 pada ajang Capital Market Competition Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Malang pada Oktober tahun 2022, juara 3 lomba desain grafis pada kelompok Growth Tracker atau Aplikasi Growth Tracker dan Kelompok CUANIEX  atau Aplikasi JAPIN yang diselenggarakan oleh Technifest pada Oktober tahun 2022.

“Proses kelulusan kali ini merupakan momen yang sangat bersejarah yang akan dikenang sepanjang masa karena bukan saja lulus secara akademik, tetapi juga mereka lulus dalam menghadapi ujian kesabaran dan keikhlasan dan pantang menyerah di tengah situasi dunia yang penuh dengan perubahan, ketidakpastian, dan tantangan.”

Semoga setelah meraih gelar ahli madya dan sarjana, semangat ini akan tetap terus dipertahankan. Pelantikan ini sebagai simbol menyerahkan kembali kepada orang tua atau wali untuk mendidik dan membimbing putra putrinya. Semoga perjalanan karir dan kehidupan wisudawan/ti di masa yang akan datang lebih sukses dan membanggakan keluarga,  saya mengucapkan selamat kepada para wisudawan/ti yang telah berhasil dengan baik menyelesaikan studi di kampus IBI Kesatuan. Pencapaian para wisudawan/ti adalah bukti kerja keras,” pungkasnya.

**prast

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here