25.6 C
Bogor
Tuesday, April 23, 2024

Buy now

spot_img

Samisade Tahap 1 Desa Sanja Hampir Rampung 

Citeureup | Jurnal Bogor 

Anggaran APBD yang dinamakan Samisade oleh Pemkab Bogor berhasil mengejar ketertinggalan pembanguan di desa-desa. Seperti halnya Desa Sanja, Citeureup, Kabupaten Bogor yang menggunakan anggaran Samisade untuk membangun saluran drainase dan jembatan. 

Sekretaris Desa Sanja, Iwan mengatakan, pembanguan infrastruktur sudah mencapai 90% untuk anggaran tahap 1 yang baru dicairkan, yaitu sebesar Rp600 juta  dan untuk pengerjaannya sendiri dilakukan oleh vendor atau pihak ke-3 yang memang warga Sanja juga.

“Kita pakai pihak ke-3, karena sesuai dengan juklak dan juknis penggunaan anggaran Samisade yang diharuskan menggunakan pihak ke-3, karena anggaran lebih dari 200 juta, ” papar Irwan kepada Jurnal Bogor, Selasa (22/11).

Menurutnya, untuk Samisade tahap 1 ini dialokasikan untuk pembangunan drainase dengan u-dict yang memiliki volume P 850, L 30×40, dan pembanguan jembatan dengan P 6 M, L 4,6 M dengan dan T 0,40.

“Jembatan itu sudah ada, hanya saja kurang tinggi, maka kami tinggikan agar tidak banjir lagi. Mengingat, kondisi jembatan yang sebelumnya jika hujan deras pasti akan banjir, ” paparnya.

Sejauh ini, sambung dia, pekerjaan sudah hampir rampung. Tinggal pembuatan jembatan saja, diperkirakan seminggu kedepan bisa rampung untuk anggaran tahap 1 ini.

“Insya Allah selesai dalam waktu 1 minggu ini, dan semoga progres di tahap kedua bisa segera dicairkan,” pungkasnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles