29.6 C
Bogor
Wednesday, May 15, 2024

Buy now

spot_img

Muspika dan Ormas Kolaborasi Hijaukan Akses Jalan Menuju SMPN 04 Gunung Putri

Gunung Putri | Jurnal Bogor

Untuk menjaga kelestarian lingkungan dan keindahan, Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika), tokoh pemuda dan Ormas Gunung Putri, melakukan gerakan tanam pohon di sepanjang akses jalan menuju SMPN 04 Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

Kapolsek Gunung Putri Kompol Bayu Tri Nugraha mengatakan, setelah apel pagi yang menjadi rutinitas di setiap Senin, Kompol Bayu juga memberikan pengarahan penanaman pohon yang sudah dilaksanakan mempunyai makna untuk  anak-anak sekolah generasi penerus bangsa.

“Ya, diibaratkan bibit pohon yang harus ditanam, dipupuk, disiram, dijaga dirawat jangan sampai terkena hama, begitupun anak-anak yang selama ini sering kita saksikan tawuran dan narkoba yang sedang marak,” ucapnya kepada Jurnal Bogor, Senin (7/11).

Selain itu ia juga menyampaikan, bahwa akses jalan menuju SMPN 4 Gunung Putri dan GOM baru saja dibuka, dan keadaannya juga masih gersang belum ada penanaman pohonnya. 

“Jadi SMPN 04 ini baru saja dibuka akses jalannya, yang kita saksikan bersama kondisinya masih gersang belum ada pohon-pohon besar yang menambah keindahan juga resapan air yang ada di sini,” paparnya.

“Maka dari itu, kita disini bersama sama rekan lintas Ormas, murid-murid SMPN 04 Gunung Putri, Koramil Gunung Putri, Pemdes Tlajung Udik, Satpolpp, dan tokoh masyarakat, besama-sama menanam pohon diareal ini, kegiatan ini diinisiasi oleh ketua Komite SMPN 4 Gunung Putri,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 04 Gunung Putri Ismail Latif mengatakan, kegiatan penanaman pohon di SMPN 4 dan GOM Kecamatan Gunung Putri, serta akses jalan yang baru saja dibuka oleh tokoh masyarakat sekaligus Komite Sekolah SMPN 4 Gunung Putri.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Kapolsek, Danramil dan seluruh Ormas yang ada di Gunung Putri yang sudah mengikuti kegiatan ini, mudah mudahan ini adalah tonggak awal kelanjutan pembangunan SMPN 4 Gunung Putri. Mudah-mudahan dalam 3 tahun kedepan SMPN ini dapat setara atau melebihi saudara saudara tuanya yang lain,” harapnya.

Menurutnya, dengan dilaksanakan penanaman pohon bisa menambah kesejukan dan kenyamanan di lingkungan SMPN 4 Gunung Putri. 

“Saya berharap dengan banyaknya pohon yang ditanam bisa menambah kenyaman siswa dan siswi yang bersekolah disini, dan juga bagi para pengunjung GOM bisa nyaman tidak kepanasan seperti sekarang ini,” tuturnya. 

Di lokaksi yang sama, Ketua Komite SMPN 04 Gunung Putri, Acang Suryana mengatakan banyak manfaat yang bisa diperoleh dari penanaman pohon di tepi jalan. Selain memberi keteduhan yang membuat pengendara lebih rileks, pohon yang ada juga membantu menyerap karbondioksida serta menjadi tempat resapan air di saat hujan.

“Manfaat lainnya yaitu guna menghadapi perubahan iklim yang terjadi saat ini. Selian itu nantinya jika sudah tumbuh besar, akses jalan akan teduh dan lebih indah,” singkatnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles