27.3 C
Bogor
Saturday, May 18, 2024

Buy now

spot_img

Ketahanan Pangan Desa Ciderum Fokus Peternakan dan Budidaya Ikan Lele

Caringin | Jurnal Bogor
Pemerintah Desa (Pemdes) Ciderum, Caringin, Kabupaten Bogor, melakukan launching atau pembukaan pelaksanaan program ketahanan pangan dan hewani yang bersumber biaya dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2022, di kelompok tani budidaya lele di Kampung Batukembar, Senin (24/10).

Kepala Desa (Kades) Ciderum, Asep Hudri mengatakan, program ketahanan pangan dan hewani di Desa Ciderum yang tahun ini diluncurkan pemerintah pusat, total anggarannya kurang lebih mencapai Rp290 juta. Anggaran sebesar itu diambil atau dialokasikan dari DD sebesar 20 persen.

Asep Hudri yang akrab disapa Akep menjelaskan, untuk merealisasikan program tersebut, Pemdes Ciderum langsung membentuk para kelompok tani. Dari hasil musyawarah bersama semua unsur di pemerintahan desa, sebanyak empat kelompok tani yang dibentuk dan diberikan bantuan.

“Dari empat kelompok tani itu, semuanya lebih kepada ternak atau hewani, yakni dua kelompok ternak kambing dan juga budidaya ikan lele,” ungkapnya kepada wartawan.

Adapun lokasi para kelompok tani itu, lanjutnya, dua kelompok tani berada di Kampung Dukuh persisnya di wilayah RW 06. Sedangkan dua kelompok lagi lokasinya berada di Kampung Batukembar di wilayah RW 03 dan RW 07.

Akep menjelaskan, dialokasikannya program ketahanan pangan dan hewani hanya untuk kelompok tani ternak maupun budidaya ikan lele, karena lebih kepada kondisi wilayah. Dimana, di wilayah RW 06 banyak warga yang minta dan mengajukan untuk mengembangkan ternak kambing.

“Berbeda dengan warga Batukembar, banyak sumber air membuat warga lebih memilih untuk budidaya ikan lele,” paparnya.
Akep berharap, melalui program ketahanan pangan dan hewani ini, bisa membantu warga mendapatkan penghasilan. Sehingga, perekonomian warga menjadi lebih meningkat.

“Saya juga minta kepada para kelompok tani yang mendapatkan bantuan program ini, bisa mengembangkan peternakan maupun budidaya ikan lele nya. Kalau sudah berkembang, nanti bisa diberikan kepada warga yang juga ingin menjadi kelompok tani,” imbuhnya.

Sementara, Ujang Sobirin, kelompok tani di Kampung Dukuh RW 06 yang mendapatkan bantuan ternak kambing mengungkapkan, bantuan kambing ini tentunya sangat berarti untuknya.

Untuk itu, Sobirin berjanji akan merawat serta mengembangkan ternak kambing yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat melalui program ketahanan pangan dan hewani.

“Saya ucapkan terimakasih juga kepada pemerintah desa yang sudah memberikan bantuan kambing ini. Semoga saja saya bisa menjaga dan merawat kambing ini agar menjadi lebih berkembang lagi,” tukasnya.

Hadir dalam pembukaan atau launching program ketahanan pangan dan hewani yang dipusatkan di kelompok tani budidaya ikan lele di Kampung Batukembar, perwakilan dari Pemcam Caringin serta para pendamping desa dan didampingi Babinsa maupun Babinmas Ciderum.

** Dede Suhendar  

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles