25.5 C
Bogor
Friday, April 26, 2024

Buy now

spot_img

Maulid Nabi, Pasir Madang Gelar Pawai Dongdang

Sukajaya | Jurnal Bogor

Ratusan warga antusias mengikuti pawai dongdang di Desa Pasir Madang, Sukajaya, Kabupaten Bogor belum lama ini. Pawai dihiasi dengan berbagai hasil panen seperti sayuran dan buah-buahan sebagai ungkapan rasa syukur pada perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Kepala Desa Pasir Madang, Encep Sunarya mengatakan, pawai dongdang yang dilakukan hampir setiap tahun tersebut bertepatan dengan hari kelahiran Rasulullah. Selepas pawai, Pemerintah Desa Pasir Madang mengadakan tablig akbar.

“Inisiatif masyarakat Desa Pasir Madang dalam memperingati Nabi Muhammad SAW sangat antusias merayakan pawai ini dan mengeluarkan hasil buminya demi memeriahkan acara,” katanya.

Peserta pawai dongdang tersebut juga dilakukan penilaian oleh panitia penyelenggara seperti kreativitas pembuatan dongdang mulai dari keunikan bentuk, jenis hingga isinya. Hal itu dilakukan untuk memberi semangat kepada pembuat dongdang tersebut.

“Kami nilai secara teliti, keunikan dongdangnya, isinya apa, sama kreatifnya membuat dongdang, jadi warga yang membuatnya itu tidak Cuma cuma, semakin bagus dan unik semakin kita nilai lebih agar menambah semangat yang membuatnya,” ucap Encep Sunarya.

Sementara nama dongdang sendiri berasal dari Bahasa Sunda bermakna tempat membawa makanan atau barang-barang hantaran. Bahannya bisa dari batang bambu yang digunakan untuk membawa sebentuk miniatur saung atau rumah-rumahan yang dipanggul dua hingga empat orang lebih.

Isi dongdang dalam kegiatan tersebut beragam, umumnya adalah hasil bumi daerah setempat sekaligus ajang unjuk kreativitas menghias dongdang.

Dapat dikatakan pawai dongdang adalah ajang unjuk produktivitas hasil daerah masing-masing sekaligus mengangkat kearifan lokal masyarakat sebagai objek wisata kuliner dan budaya. Semuanya disiapkan bergotong-royong dan guyub dari mulai masak-memasak untuk menyiapkan isi dongdang hingga menghias dongdang.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles