Agar Suami Istri Miliki Surat Nikah, GP Ansor Gelar Isbat Nikah Massal

0

Klapanunggal | Jurnal Bogor

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Bogor menggelar isbat nikah massal tahun 2022 se-Kabupaten Bogor di aula Masjid Besar Al-Alam, Desa Kembang Kuning, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Senin (3/10).

Isbat nikah diikuti 35 peserta pasangan suami istri dari 4 kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor diantaranya, Kecamatan Gunung Putri, Klapanunggal, Cileungsi, dan Kecamatan Jonggol.

Ketua PC GP Ansor Kabupaten Bogor Dhamiri A Ghajaly mengatakan, GP Ansor bekerjasama dengan Pengadilan Agama Kabupaten Bogor dan Muspika Kecamatan Klapanunggal menyelenggarakan isbat nikah yang dikhususkan untuk pasangan suami istri yang belum mempunyai surat nikah.

“Hari ini kita mengadakan isbat nikah untuk pasangan suami istri yang belum mempunyai surat nikah untuk memfasilitasi bagi pasangan suami istri mengurus pernikahan yang resmi dan dan diakui oleh negara,” kata Dhamiri kepada Jurnal Bogor. Senin (03/10).

Menurutnya, untuk pasangan suami istri yang mengikuti pendaftaran isbat nikah ini menggunakan anggaran secara pribadi.

“Untuk pembiayaan isbat nikah ini mereka mandiri, mudah-mudah kedepannya bisa dikaper oleh Pemerintah Kabupaten Bogor, sehingga kemudian administrasinya bisa berjalan dengan lancar, karena isbat ini sangat penting bagi masyarakat,” harapnya.

Ia juga meminta kepada dinas-dinas terkait terkait yang ada di Kabupaten maupun Pemerintah Pusat agar mendukung kegiatan isbat nikah. 

“Harapan saya mudah-mudah di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor kita bisa menggelar isbat nikah dan seluruh sektor di Kabupaten Bogor dan negara hadir ditengah masyarakat yang memang dituntut untuk pembuatan administrasi, tentunya dalam bidang pencatatan nikah,” ujarnya.

Sementara itu Marjuki, salah satu peserta yang ikut dalam isbat nikah untuk meresmikan pernikahan yang awalnya nikah ‘dibawah tangan’.

“Saya sudah nikah tapi nikah dibawah tangan, hanya resmi secara agama namun tidak tercatat di pemerintah. Alhamdulillah dengan diselenggarakan acara isbat nikah ini bisa membantu saya meresmikan pernikahan yang diakui pemerintah dan memperlancar urusan administrasi data juga,” paparnya.

Dia mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara isbat nikah. “Sengan saya ikut dalam pendaftaran isbat nikah ini saya bisa mendapatkan buku nikah yang sah, dan bisa mengurus segala sesuatu yang dibutuhkan,” ungkapnya senang.

Hadir dalam acara ini, Ketua MUI Kecamatan Klapanunggal KH Lesmana, Camat Klapanunggal Ahmad Kosasih, Kapolsek Klapanunggal AKP Bagus Aji Lesmana, Danramil Klapanunggal Kapten Suwignyo, Kepala KUA Klapanunggal Ade Janwarudin, dan Ketua PC GP Ansor Kabupaten Bogor Dhamari A Ghajaly.

** Nay Nur’ain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here