29.6 C
Bogor
Friday, May 10, 2024

Buy now

spot_img

Tersentuh Ucapan Mentan, P4S Prima Agung Siap Optimalkan Pertanian di Salatiga

Denpasar | Jurnal Bogor

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meminta seluruh masyarakat Indonesia untuk menjaga pertanian secara bersama – sama demi ketahanan bangsa. ” Pertanian menjadi sesuatu yang harus kita jaga secara bersama – sama. Karena dalam kondisi apapun bangsa ini dari mulai mau merdeka sampai menjaga kemerdekaan, menghadapi covid, yang tumbuh hanya pertanian. Siapapun dia, bisa seperti sekarang karena pertanian. Tanpa pangan orang takkan hidup, ” serunya dalam Pertemuan Forum Nasional(Fornas) P4S (Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya) dan Magang Petani di P4S Bali, Kecamatan Sanur Denpasar Bali, baru – baru ini.

Ucapan Menteri Pertanian tersebut dirasakan sangat menyentuh oleh Agus  Thohirin pengelola P4S Prima Agung Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Jawa Tengah. Agus menyampaikan kesannya terhadap penyelenggaraan Fornas yang telah memberinya semangat dan pemahaman bahwa urusan pangan adalah urusan bersama.

” Moment bertemu dengan pak Menteri dan arahannya pak Menteri sangat menyentuh. Fornas memberikan semangat dan tekad bahwa masalah pangan adalah urusan kita semua, bukan hanya tanggungjawab pemerintah saja atau beberapa pihak tertentu., ” ujarnya, Kamis (29/9).

Arahan Mentan kata Agus membuat Ia berpikir untuk memaksimalkan pemanfaatan lahan – lahan disekitar daerahnya yang selama ini hanya digunakan seperlunya saja. Padahal wilayah tersebut diberi anugerah air yang melimpah, lahan yang subur dan jauh dari bencana seperti banjir atau gempa bumi.

” Salatiga itu sangat kecil /sempit tidak signifikan terhadap pangan nasional. Namun sesempit apapun jangan membuat kita berkecil hati, tetap kita berikhtiar. Sekecil apapun hasilnya itu adalah kontribusi kita untuk menjaga kehidupan terus berlangsung, ” ungkapnya.

Agus menuturkan produk unggulan P4Snya yakni beras hitam, beras merah, pandanwangi, beras premium dan beras medium. Selain sebagai pasokan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat di wilayah Kota Salatiga, Iapun menjadi pemasok kebutuhan beras hotel – hotel dan warung – warung nasi disekitar Kota Salatiga serta pemasok bantuan pangan non tunai (BPNT) Kementerian Sosial untuk kecamatan Sidorejo.  Beras produksinya telah pula merambah beberapa kota besar seperti Surabaya.

P4S Prima Agung binaan Pusat Pelatihan manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Ciawi Bogor, menjadi satu dari 10 P4S Model yang mendapatkan apresiasi dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) pada perhelatan Fornas P4S.

Untuk diketahui Fornas digelar pada 24 – 27 September 2022, di Desa Wisata Kertalangu, Denpasar Bali, diikuti P4S seluruh Indonesia, dengan agenda expo, yang menampilkan inovasi – inovasi yang dihasilkan P4S, Musyawarah Nasional P4S dan Temu Bisnis.

Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi, memberikan apresiasi untuk keseriusan P4S dalam berinovasi menampilkan produk-produk terbaik dalam kegiatan Fornas dan tidak pernah berhenti mendukung kemajuan pertanian.

” Tanpa mengurangi rasa hormat, kami memberikan penghargaan yang setinggi – tingginya terhadap segala upaya yang telah dilakukan seluruh peserta Gelar Teknologi P4S dalam mendukung peningkatan produksi dan nilai tambah produk pertanian dengan menampilkan produk-produk terbaiknya pada standnya masing-masing,” katanya.

** Regi/PPMKP

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles