25.6 C
Bogor
Tuesday, May 21, 2024

Buy now

spot_img

Duh, 80 Persen Truk DLH Berusia Uzur

JURNAL INSPIRASI – Sebanyak 133 unit truk pengangkut sampah milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota kondisinya sudah sangat memprihatinkan. Diketahui,80 persen dari keseluruhan kendarana berplat merah ini ternyata sudah berumur lebih dari 10 tahun.

Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan DLH Kota Bogor, Feby Darmawan bahwa hingga saat ini belum ada penambahan truk pengangkut sampah baru. Bahkan, lantaran keterbatasan anggaran, pihaknya lebih memilih untuk memaksimalkan unit yang ada.

“Ada yang paling tua kendaraannya tahun 2000an, sekitar 3 unit. Kalau soal mesin sih masih bisa digunakan. Tapi cepat keropos, rapuh dan tidak bertahan lama itu bak pengangkutnya, 2 sampai 3 tahun sudah korosi akibat air sampah. Meski unitnya masih bisa dipakai, tetapi kerusakan-kerusakan teknis selalu ada seperti mesin tidak menyala, rem dan sebagainya. Namanya mobil tua,” ujar Feby kepada wartawan, Kamis (29/9).

Menurut dia, pihaknya setiap tahun selalu mengajukan anggaran di APBD hingga meminta bantuan provinsi Jawa Barat dan DKI Jakarta.

“Terakhir tahun 2021 DLH Kota Bogor mendapat bantuan armada baru sebanyak 4 unit dari Banprov Jabar,” katanya

“Untuk tahun sekarang tidak ada pengadaan kendaraan besar, hanya pick up sebanyak 2 unit, itu pun buat peremajaan bukan menambah pelayanan. Anggaran juga terbatas, apalagi di kami itu pegawai non ASN atau PKWT banyak, jadi anggarannya lebih difokuskan ke gaji pegawai dan biaya BBM untuk mobilitas kendaraan, kita masimalkan saja yang ada selama belum ada penambahan armada baru,” tuturnya.

Lebih lanjut, sambungnya, pihaknya memfokuskan pada pemeliharaan rutin seperti mengganti oli dan suku cadang.

“Ya, setiap hari membuang sampah ke TPS Galuga bisa 500 hingga 600 ton sehingga unit kita harus betul-betul dijaga agar bisa terus beroperasi,” tandasnya.** Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles