25.6 C
Bogor
Saturday, April 27, 2024

Buy now

spot_img

Dewan Gandeng OPGI Kurangi Pengangguran di Sukamakmur

Sukamakmur | Jurnal Bogor 

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor, Ansori Setiawan dari Fraksi Gerindra, menggandeng Organisasi Pekerja Garmen Indonesia (OPGI) guna mengurangi pengganguran di Kecamatan Sukamakmur, melalui pelatihan sewing operator yang diadakan di kediamannya, yang terletak tidak jauh dari Kantor Desa Sukamakmur, kemarin.

Pada kesempatan itu Ansori bersama OPGI memberikan sertifikat pelatihan menjahit, sekaligus melepas peserta didik sewing operator angkatan ke-2 sebanyak 200 orang untuk langsung ditempatkan bekerja di daerah Jabodetabek. Dalam acara pelepasan peserta didik operator sewing ini dihadiri Muspika Kecamatan Sukamakmur, dan orang tua peserta didik.

Ansori selaku penggagas mengatakan, pelatihan ini diadakan untuk membantu warga masyarakat Kecamatan Sukamakmur khususnya, umumnya wilayah Bogor Timur untuk mengurangi angka pengangguran.

“Kenapa saya adakan ini, karena dari keprihatinan saya banyak kejadian-kejadian di wilayah Kecamatan Sukamakmur salah satunya kenakalan remaja, itu yang saya tidak inginkan, saya yakin kalau pemuda pemudinya sudah mempunyai skill dan mempunyai pekerjaan baik di perusahaan maupun membuka usaha sendiri, serta mempunyai penghasilan itu pasti akan mengurangi kenakalan remaja,” ucap Ansori yang juga sebagai pembina OPGI DPD Kabupaten Bogor kepada Jurnal Bogor, Kamis (29/09).

Ia juga berharap, kalau peserta didik ini sudah masuk kerja, mereka sudah pasti mempunyai penghasilan.

“Insya Allah kalau sudah mempunyai penghasilan mereka akan berbuat yang positif, dan pembakatan skill/keahlian ini supaya mereka ada penghasilan, dengan mereka sudah ada penghasilan otomatis akan membantu ekonomi wilayah Kecamatan Sukamakmur, dan minimal mereka bisa membantu keluarganya. Saya akan memperjuangkan pemuda pemudi yang sudah mempunyai keahlian ini supaya kedepannya memiliki usaha UMKM dan lain sebagainya,” pungkasnya

Sementara Ketua DPD OPGI Bogor Raya Aries Sunan mengatakan, OPGI suatu wadah yang bertujuan mengurangi pengangguran dengan cara pelatihan, penempatan kerja dan bantuan hukum kepada anggota OPGI yang mengalami permasalahan hukum di tempat ia bekerja.

“OPGI organisasi yang memberikan pelatihan, penempatan kerja dan bantuan hukum kepada anggota OPGI yang mengalami permasalahan hukum di tempat ia bekerja, jadi kami (OPGI) bukan hanya kegiatan seremonial saja tapi kita benar-benar untuk memberikan kompetensi dan sertifikasi kepada para peserta supaya dapat bersaing dalam dunia kerja,” paparnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles