25.6 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

Insfrastruktur Jalan Dibangun, Pengerjaan Jembatan Cikaniki II Masuk Minus 2

Nanggung | Jurnal Bogor 

Pembangunan jembatan penghubung Desa Nanggung dengan Pangakaljaya, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor progresnya telah masuk minus 2. Bangunan jembatan Cikaniki II dengan masa  pengerjaan selama 7 bulan hingga Januari 2023.

“Telah berlangsung 4 bulan jalan, progres pekerjaan Cikaniki II telah masuk di minus 2,” ujar pelaksana pembangunan dari PT Trimangunggal Karya Maman Surahmat.

Anggaran bangunan jembatan Cikaniki II PT Trimanunggal Karya dibawah konsultan pengawas PT Demensi Ronakon sebesar Rp15.994.199.750 miliar.

“Dari berlangsung 4 bulan dan progres pekerjaannya telah masuk di minus 2. 48% progres  dan rencana 50%. Ada pun kegiatan-kegiatan yang sedang kita lakukan saat ini adalah pengecoran untuk admin 1 pengecoran abutment 1 abutment 2 kemudian ada perbaikan jalan juga di antara SDA 200 s/d 683,5. Mudah-mudahan pekerjaan kita akan simultan dengan pekerjaan jalannya,” jelasnya.

Sementara dengan pekerjaan rangka bajanya sendiri kata dia, berharap di akhir bulan ini ada yang dibawa ke lapangan dan rencananya nanti Tim dari Ericsson atau tim pemasangan baja pada awal Oktober sudah masuk ke lapangan.

“Rencana kita 50% namun bobot prestasi kita di 48% akan tetapi  coba untuk mengejar dengan pekerjaan-pekerjaan badan jalan menuju jembatan Cikaniki II,” paparnya.

Dia menyebutkan ada kesulitan di pengadaan betonnya, kendati begitu dia optimis pada Senin ini sudah mulai lagi ada pengecoran karena besi dan tenaga kerja sudah siap.

“Sebenarnya menjadi kendala, tapi kita coba, kita coba ciptakan suasana kerja di mana kalau kita lihat pekerjaan drainase sudah kita mulai,” sebutnya.

Yang dari atas kata dia, coba disalurkan ke drainase-drainase yang sudah selesai. Lalu pekerjanya aman karena pekerja memiliki risiko tinggi. 

“Yang di bawah itu kita buatkan surat untuk pengamanannya karena di dalam kontrak kita ini adalah kontrak jadi artinya ketika kontrak kita selesai itu pengerasan beton semennya sudah selesai jadi jalan ini sudah berfungsi dan sampai betonisasi,” tukasnya.

** Andres / Arif Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles