31.6 C
Bogor
Sunday, April 28, 2024

Buy now

spot_img

Ketua Dewan Kunjungi Warga Terdampak Pergeseran Tanah

Babakan Madang | Jurnal Bogor

Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto mengunjungi warga terdampak pergeseran tanah di Kampung Curug, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor sekaligus memberikan bantuan sembako.

Rudy mengatakan tujuan kedatangannya karena mendapatkan amanah dari Prabowo Subianto dan didampingi oleh kepala rumah tangga kediaman Prabowo.

“Beliau habis kunjungan dari Manado tadi malam langsung atensi, tolong ditengok kebutuhan masyarakat apakah kebutuhan pokoknya terpenuhi. Kedua segera diverifikasi fasilitas-fasilitas umum masyarakat yang terdampak agar segera dibantu proses perbaikannya, dan yang ketiga, sediakan tempat pengungsian apabila tempatnya pada hari ini tidak cukup,” ucap Rudy Susmanto, Jumat (16/9).

Wakil Ketua Sekretaris Jendral (Wasekjen) DPP Gerindra itu menyampaikan, kepala rumah tangga Prabowo juga memberikan bantuan untuk masyarakat yang terdampak.

“Ya pada hari ini mengirimkan sedikit bantuan sembako, dan kekurangannya nanti akan dikirim kembali,” ujarnya.

Rudy melanjutkan, untuk kondisi tanah disini memang sangat labil. Dengan begitu, ketika curah hujan tinggi, maka berpotensi terjadinya pergeseran tanah.

“Ya kalau kita lihat memang dari kondisi biologis tanahnya, karena saya pun sempat tinggal disini tahun 2007, disitu memang tanah labil maka dengan kondisi pada hari ini pergeseran tanahnya sangat masif,” paparnya.

Menurutnya, areal yang terdampak memang cukup luas dan beberapa kepala keluarga juga terkena dampak.

“Tentunya dengan adanya ini kami meminta pihak terkait segera membuat peta bencana, jadi area yang dijadikan wilayah pemukiman, kita bisa data dan tentunya masyarakat disini adalah tumpah darah kelahirannya, maka kita harus ada pendekatan komunikasi lebih lanjut,” ucapnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan, melihat kondisi pada saat ini intensitas hujannya masih cukup tinggi, Ia menghimbau kepada masyarakat untuk tidak menghuni dulu atau mendiami rumah-rumah yang terdampak jadi supaya kita lihat kondisi tanah benar-benar tidak ada pergerakan lagi.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat yang masih mendiami rumah yang berada di areal potensi bencana agar meningkatkan kewaspadaannya. Terlebih saat ini intensitas hujan masih cukup tinggi,” himbaunya.

“Dari DPRD sendiri, karena kita fungsi budgeting dan fungsi pengawasan hari ini kita memastikan bahwa anggaran belanja tidak terduga khususnya dalam bencana alam kita memastikan ketika masyarakat yang terkena bencana ini, infrastruktur untuk segera diperbaiki jadi sampai jangan yang ada masyarakat yang dirugikan,” tandasnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles