31.6 C
Bogor
Thursday, May 2, 2024

Buy now

spot_img

UPT Puskeswan Jonggol Beri Vaksin Rabies Gratis

Jonggol | Jurnal Bogor 

Dalam rangka menyambut Hari Rabies Sedunia tahun 2022, UPT Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kecamatan Jonggol  akan melaksanakan vaksinasi rabies massal untuk hewan peliharaan. Vaksinasi rabies gratis akan dilaksanakan pada 28  September mendatang.

Bagi masyarakat yang akan memvaksin hewan peliharaannya bisa langsung dating ke Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Bogor untuk mendapatkan vaksin rabies.

“UPT Puskeswan Kecamatan Jonggol akan memberikan puluhan vaksin rabies gratis untuk semua jenis hewan peliharaan,” kata. Kasubag TU UPT Puskeswan Jonggol drh.Toib kepada Jurnal Bogor, Rabu(07/09/22).

Menurut Dr.Toib jenis hewan yang menjadi target vaksin rabies adalah hewan penular penyakit rabies itu sendiri, seperti kera, anjing dan kucing. Sedangkan syarat untuk hewan yang boleh divaksin rabies yaitu hewan yang sudah berumur lebih dari 4 bulan, sedang dalam kondisi sehat dan bagi hewan betina tidak sedang bunting atau hamil.

“Penyakit rabies merupakan jenis penyakit Zoonosis, yakni penyakit yang bisa menular dari hewan ke manusia dan penyakit rabies ini, jika menular kepada manusia bisa sangat fatal dan hampir 100 persen menyebabkan kematian. Karena itu, vaksinasi rabies ini sangat penting untuk menjaga hewan-hewan yang berpotensi menularkan penyakit rabies, ” jelasnya.

Untuk itu, kata dia, kepada warga yang memiliki hewan peliharaan, bisa datang  membawa hewan kesayangannya untuk mendapatkan vaksin rabies di pos-pos yang sudah disediakan nanti. 

Sementara warga Perumahan Citra Indah Tuti (36) mengaku senang mendapatkan informasi perihal akan diadakannya program vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan.

“Terimakasih informasinya, saya akan datang membawa hewan-hewan peliharaan kesayangan saya, Karena untuk mendapatkan vaksin rabies untuk hewan di wilayah Bogor ini masih agak sulit, apalagi saya sering berinteraksi langsung dengan hewan-hewan peliharaannya, ” ujarnya sambil menunjukkan hewan jenis anjing Bulldog, dan kucing Anggora.

** Ramses / Nay 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles