29.6 C
Bogor
Friday, May 17, 2024

Buy now

spot_img

Desa Sukaraksa Prioritaskan Ketahanan Pangan

Cigudeg | Jurnal Bogor 

Pemerintah Desa Sukaraksa, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor telah melaksanakan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) tahun 2022. Dalam rapat tersebut skala prioritasnya adalah sektor ketahan pangan.

“Musdesus tahun 2022 ini di khususkan untuk ketahan pangan,” kata pendamping desa Kecamatan Cigudeg Ade Rahmatullah kepada wartawan seusai rapat tersebut, di aula Desa Sukaraksa, Rabu (7/9/22).

Menurut dia, pihaknya mengacu pada peraturan pemerintah yang mana  acuannya dari regulasi tahun 2022. Dengan begitu, masyarakat bisa mengetahui juklak dan juknis dalam pemanfaatan yang dirasakan penting oleh masyarakat.

“Jadi dalam Musdesus ini kita hanya menjelaskan mekanisme dan regulasi mengenai ketahanan pangan agar program dari ketahanan pangan ini bisa berkesinambungan dan bisa dirasakan oleh masyarakat Desa Sukaraksa,” paparnya.

Sementara itu, Kasi Pemerintah Desa Sukaraksa Sadur menjelaskan, ketahanan pangan yang akan dijalankan yaitu peternakan dan pertanian.

“Yang mana peternakan, pembudidayaan ternak kambing sementara pertanian, cabai dan jagung,” katanya.

Pihak desa sendiri akan berkoordinasi dengan pihak UPT Pertanian, baik itu perihal peternakan maupun penanaman cabai dan jagung.

Jadi kata dia, akan merekrut kelompok tani yang akan bertanggung jawab terkait bantuan dana desa untuk ketahan pangan tersebut.

“Kita akan memprioritaskan yang  ada karena kalau yang baru itu pastinya kami melalui proses kembali, kenapa tidak kami manfaatkan yang ada dan yang sudah mumpuni di bidang peternakan dan pertanian,” tukasnya.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles