27.3 C
Bogor
Thursday, May 16, 2024

Buy now

spot_img

Rutilahu Desa Pasirmuncang Sudah Capai 80 Persen

Caringin | Jurnal Bogor

Masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Desa Pasirmuncang, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, menerima bantuan rumah tidak layak huni (Rutilahu) dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Tahun ini Desa Pasirmuncang mendapat bantuan program Rutilahu  untuk 20 orang dengan rincian terbagi di 13 RT dan 5 RW. Saat ini pelaksanaan kegiatannya sendiri sudah hampir selesai,” kata Ketua LPM Desa Pasirmuncang, Encep Paridudin, Sabtu (20/8/2022).

Dijelaskannya, program Rutilahu merupakan bantuan Pemerintah Jawa Barat. Bantuannya sendiiri diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang rumahnya tidak layak huni.

Adanya bantuan tersebut, untuk mendorong dan meningkatkan keswadayaan dalam peningkatan kualitas rumahnya beserta sarana dan prasarana.

“Mekanisme pekerjaannya atau untuk progres fisiknya sudah terlaksana sekarang itu kurang lebih 80 persen,” imbuhnya.

Program Rutilahu yang dilaksanakan dengan metode Padat Karya Tunai (PKT) ini, kata dia juga guna menyerap tenaga kerja setempat.

“Dengan kata lain bahwa program Rutilhu merupakan stimulan yang diberikan pemerintah Jawa Barat kepada masyarakat berpenghasilan rumah rendah yang rumahnya tidak layak huni. Dimana, mereka juga berswadaya membangun rumahnya agar menjadi lebih layak huni,” tuturnya.

Wakil Ketua LPM Desa Pasirmuncang, Ujang Maulani mengaku bersyukur atas perhatian pemerintah Jawa Barat yang telah membantu masyarakat Pasirmuncang, khususnya untuk perbaikan rumah yang tidak layak huni.

“Alhamdulillah, akhirnya keinginan warga bisa terwujud, rumah yang tadinya sudah tidak layak huni ini dapat perbaikan dan kembali bagus lagi,” ucapnya.

Sementara, salah seorang penerima bantuan Rutilahu, Agus Supriyanto mengucapkan terima kasih atas perhatian pihak Pemerintah Desa Pasirmuncang yang telah membantu mendata namanya sebagai penerima program Rutilahu ini.

“Terima kasih yang sebesar – besarnya untuk bapak Yudi selaku Kepala Desa Pasirmuncang yang telah membantu memasukan nama kami sebagai penerima  ini. Bersyukur sekarang rumah kami jadi kokoh lagi,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Desa Pasirmuncang Yudi  mengatakan bantuan stimulan perbaikan rumah tiidak layak huni bagi masyarakat Pasirmuncang memang untuk warga kurang mampu.

“Kami berharap, bantuan ini bisa membantu warga yang berpenghasilan rendah, agar rumahnya bisa sehat secara lingkungan sehingga menciptakan situasi kondisi yang sehat juga,” pukasnya.

** Deny

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles