Kwarran Nanggung Lombakan Gerak Jalan se-Kecamatan Nanggung

0

Nanggung | Jurnal Bogor 

Guna menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-77, Kwartir Ranting (Kwarran) Nanggung, Kabupaten Bogor menghelat beragam kegiatan seperti gerak jalan. Momentum menyambut kemerdekaan ini bertepatan dengan HUT Pramuka ke-61 pada 14 Agustus. Lomba gerak jalan se-Kecamatan Nanggung akan diadakan pada Selasa (16/8) dengan kategori SD/MI, SMP/MTs dan SMK, SMA, MA dengan total 158 regu dimana 1 regu berjumlah 11 orang.

“Lomba gerak jalan akan diikuti oleh hampir seluruh elemen masyarakat dari mulai pelajar, juga masyarakat umum dalam hal ini  aktivis desa diikutkan dalam kategori umum lomba gerak jalan,” ujar Ketua Kwarran Nanggung Ondeng Sofwanudin yang juga panitia penyelenggara lomba gerak jalan tingkat Kecamatan Nanggung.

Ondeng menjelaskan, dalam memeriahkan lomba tersebut bukan semata-mata mencari juara. Akan tetapi, sebagai bentuk tanggung jawab moral untuk meramaikan kemerdekaan. Gerak jalan menempuh jarak kurang lebih 6-7 Km dengan start di Perumahan Tegallega Parengpeng Desa Kalongliud dan finis di halaman kantor Kecamatan Nanggung.  

Di titik finis nantinya akan dimeriahkan oleh berbagai unjuk kebolehan para peserta di hadapan para muspika Kecamatan Nanggung. “Tujuannya gerak jalan ini adalah untuk pembelajaran bagi siswa-siswi khususnya para  peserta lomba gerak jalan bahwa ini adalah sebuah momen yang sangat penting. Sebab kegiatan ini juga mengandung nilai-nilai kedisiplinan, patriotisme serta gotong-royong yang perlu kita junjung tinggi dan perlu kita pedomani sebagai bangsa dan warga negara Republik Indonesia,” kata dia.

Sementara, kata Ondeng, untuk puncak kegiatan HUT Pramuka Kwarran Nanggung akan dilaksanakan pada 27 Agustus nanti dengan kegiatan Jambore. “Biasanya memang pelaksanaan puncak Hari Pramuka kita  bertepatan pada tanggal 14 akan tetapi kesibukan kita dan di tingkat Kwarran Cabang Kabupaten Bogor juga saat ini yang sedang mengikuti Jambore Nasional. Sehingga waktunya kita undur lagi,” sebutnya. 

Di tempat yang sama Gugus Depan (Gudep) SDN Parakanmuncang 02 Mumud mengatakan, animo pelajar untuk menyemarakkan HUT RI dan Hari Jadi Pramuka di sekolahnya cukup tinggi. Bahkan pihaknya melaksanakan upacara Hari Jadi Pramuka dibarengi dengan upacara bendera yang setiap hari Senin.

“Memang kegiatan hari ini kita dipersingkat, sebab banyak kegiatan, tadi kita giatkan operasi bersih  (opsih) yang melibatkan siswa-siswi dengan para guru. Selain itu, juga menyambut bergembira oleh anak-anak yel-yel Pramuka dan gerak jalan singkat sebagai tanda kecintaan kita terhadap Pramuka,” katanya.

Karena selama dua tahun terpendam akibat pandemi Covid-19, kata dia,  animo anak dan pembina cukup tinggi. Bahkan di Kwaran Nanggung dan di SDN Parakanmuncang 02 akan ada Persami.

“Saya berharap kedepan kegiatan kita kembali seperti dulu yang lebih baik lagi, karena ini salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan kreativitas anak, kemandirian dan rasa tanggung jawab anak terutama dituntut untuk bersikap baik kedepannya,” tukasnya.

** Andres

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here