Hampir 4 Tahun Toilet SDN Pasireurih Rusak Berat

0

Siswa dan Guru Terpaksa Numpang di Toilet Masjid

Nanggung l Jurnal Bogor

Kabupaten Bogor masih miliki sarana sekolah yang belum layak. Salah satunya sekolah SDN Pasireurih tepatnya di Kampung Pasireurih RT 03 RW 05 Desa Hambaro, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor yang hampir 4 tahun toiletnya tak bisa digunakan lantaran rusak berat.

Kepala Sekolah SDN Pasireurih Hj Tini Gantini mengakui sejak 3 tahun menjabat di sekolah tersebut, keberadaan toilet itu sudah lama tak berair sehingga siswa dan guru harus menumpang ke toilet masjid  dekat sekolah.

“Toliet itu lebih dari 3 tahun sudah tak berfungsi memang dan merepotkan ketika hendak buang air kecil atau buang hajat terpaksa harus numpang ke masjid atau ke rumah tetangga,” kata Hj Tini kepada Jurnal Bogor, Selasa (9/8)

Dari pantauan Jurnal Bogor, sebanyak empat pintu bangunan toilet terlihat sudah lapuk dan tampak kumuh. “Kondisi ini tentu menyulitkan siswa dan guru karena toilet yang ada sudah lama tak berfungsi,” kata salah satu pengajar di SDN Pasireurih, Hendrik.

Hendrik menceritakan saat jam sekolah, ia dan siswa di sekolah  sering ke toilet masjid  untuk keperluan buang air. Tak hanya itu, sebelumnya Hj Tini menyebut SDN Pasireurih kerap dilanda banjir karena atap sekolah sudah banyak yang bocor sehingga hampir seluruhnya ruangan sekolah sering digenangi air hujan.

Terpisah, Kepala Desa Hambaro H Pirdaus menjelaskan, pihak sekolah SDN Pasireurih memang sudah mengajukan pembangunan melalui MusrenbangDes. “Sudah dua kali pihak sekolah mengusulkan bantuan, namun saat ini bangunan toilet masih belum dibangun,” tukasnya.

** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here