Gema Muharam, SDN Parakanmuncang 01 Tanamkan Nilai Kebaikan

0

Nanggung | Jurnal Bogor

Sekolah Dasar Negeri (SDN) Parakanmuncang 01, Desa Parakanmuncang, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor menggelar berbagai kegiatan dalam gema Muharam 1444 hijriyah.

Acara yang bertajuk “Mari perbaiki diri dan teruslah berbagi” itu agar siswa-siswi di sekolah tersebut bisa memaknai  dari peristiwa-peristiwa di bulan Muharam.

Salah satu guru SDN Parakanmuncang 01, Suparti Maulina mengatakan, gema Muharam ini untuk memberikan pemahaman kepada siswa-siswi tentang nilai-nilai kebaikan dan membentuk karakter siswa yang santun, kreatif, bertakwa dan beradab dengan menampilkan beberapa kegiatan diantaranya tausiyah, gema shalawat, sambung ayat, membuat kaligrafi, muslim fashion dan santunan anak yatim.

“Saya berharap semua siswa-siswi bisa lebih memperbaiki diri, baik segi agama dan sikap untuk selalu melakukan pembiasaan-pembiasaan  baik dalam hal apapun. Untuk menciptakan siswa-siswi yang bertakwa,” ujarnya kepada Jurnal Bogor, Selasa (9/8).

Dia menjelaskan perihal muslim fashion bagi anak-anak kelas I dan II untuk melatih keberanian. Sebab, anak kelas bawah ini, masih dalam masa transisi yang masih di dampingi kedua orangtuanya.

“Supaya mereka berani tampil menggunakan pakaian muslim dengan keberanian masing-masing,” jelasnya.

Selain itu, para murid mendapatkan hadiah dari perlombaan yang mereka ikuti seperti alat tulis sekolah. Sementara, sebanyak 5 anak yatim mendapatkan santunan.

“Yang ikut perlombaan ini, kita berikan hadiah terus yang anak yatim juga mendapat kan santunan. Yang mana hasil dari mengumpulkan pelajar dan dibantu dari donatur sehingga acara hari ini bisa terlaksana,” paparnya. 

Meski program tersebut  baru pertama kali dilakukan diharapkan guru-guru sekolah tersebut, kedepan terus berkelanjutan dan menjadi agenda setiap tahun.

“Acara ini juga dibantu oleh para mahasiswa yang sedang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) sehingga anak-anak juga nonton bersama dengan mahasiswa,” tukasnya.

** Andres

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here