10 Muharam, SDN Bojongkoneng 06 Santuni Anak Didiknya

0

 

Babakan Madang | Jurnal Bogor

Sekolah Dasar Negeri(SDN) Bojongkoneng 06, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, memberikan santunan dan tausiah kepada peserta didiknya saat memperingati 10 Muharam di halaman sekolah, Senin (8/8).

Kepala Sekolah SDN Bojong Koneng 06 Makdum S.Pd menjelaskan, Muharam adalah bulan istimewa umat Islam, selain peringatan Tahun Baru Hijriyah pada tanggal 1 Muharam umat Islam pun menggambarkan 10 Muharam adalah Hari Raya atau Lebaran Anak Yatim yang dikenal dengan Hari Asyura yakni hari kesepuluh Muharam.

Ada puluhan peserta didik yang merupakan anak yatim piatu menerima santunan berupa bingkisan yang berasal dari sekolah, orang tua atau wali murid dan donatur.

“Kita berbagi keceriaan yang masing – masing menerima sebanyak enam amplop yang berasal dari sumbangan sekolah dan sumbangan sukarela dari para orang tua atau wali murid, maupun donatur yang diserahkan secara langsung kepada yang berhak,” ucap Makdum, S.Pd kepada Jurnal Bogor, Selasa (9/8).

Makdum mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan guna menumbuh kembangkan karakter peserta didik. “Alhamdulillah, peserta didik kami berbakat di bidang keagamaan salah satunya ialah Nabila Suci Salsabilla, siswi yang duduk di kelas 3 sebagai Juara 1 Da’i Cilik tingkat kecamatan tahun 2021, bahkan penceramah acara hari ini juga alumni dari sekolah ini,” bebernya.

Sementara, Ustad Muhammad Ridwan yang hadir sebagai penceramah mengatakan saat tausiah Lebaran Anak Yatim Piatu di SDN 06 Bojong Koneng ini menanamkan kepribadian kepada para peserta didik untuk senantiasa berprilaku baik dimana pun itu. “Baik kepada orang tua di rumah,  maupun kepada guru dan teman – temannya di sekolah, termasuk di lingkungan masyarakat supaya berprilaku yang mencerminkan anak yang soleh dan solehah,” kata Ustad Ridwan biasa disapa.

Dia menjelaskan mengenai menyantuni anak yatim telah dijelaskan dalam salah satu ayat dalam Alquran yaitu surah Al-Baqarah. “Allah SWT berfirman: Dan mereka bertanya kepadamu mengenai anak-anak yatim. Katakanlah, memperbaiki keadaan anak-anak yatim itu amat baik bagimu (QS Al-Baqarah: 220),” paparnya.

Dia menjelaskan bahwa Rasulullah SAW juga pernah bersabda yang diriyawatkan dalam HR. Muslim dari Abu Hurairah. “Jika manusia mati atau terputus amalnya, kecuali tiga perkara yakni sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat serta anak saleh yang selalu mendoakan orangtuanya,” pungkasnya.

** Wisnu / Nay 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here