26.6 C
Bogor
Wednesday, April 24, 2024

Buy now

spot_img

Edukasi Anak Sekolah, Mahasiswa UIN Sambangi Desa 

Nanggung l Jurnal Bogor 

Puluhan mahasiswa dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar praktik Kuliah Kerja Nyata (KKN)-Pengalaman Lapangan (PPL). Salah satu Kegiatan ini telah berlangsung di Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Senin (1/8).

Terlihat, para mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tengah memberikan bimbingan belajar  di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Nanggung 01 hingga berjalan satu bulan terakhir.

“Ini salah satu program kerja (Proker) KKN-PPL UIN untuk mengimplementasikan antara lain dengan cara mengajar di setiap sekolah sekolah,” ujar  Penanggungjawab Program Kerja (Proker) KKN mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Rapi kepada Jurnal Bogor.

Lebih lanjut dikatakan Rapi, PPL mahasiswa UIN tersebar ke setiap wilayah  Lebak, Tangerang, Provinsi Banten dan Bogor. Sasarannya menyambangi desa-desa guna saling berbagi dengan memberikan edukasi seputar pendidikan terutama di setiap pendidikan sekolah dasar.

“Dengan cara pengajar di setiap sekolah,  mudah mudahan apa telah yang diberikan bisa bermanfaat bagi masyarakat,” tandasnya.

Rapi yang baru semester 7 mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah dari Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi  memaparkan, materi pembelajaran di sekolah menurutnya terbilang cukup sederhana, bagaimana di momen jelang  Hari Ulang Tahun  (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke- 77 ini  para siswa sejak dini terus dibangun nilai-nilai wawasan kebangsaan.

“Dengan memberikan edukasi dan motivasi siswa tentang semangat nasionalisme  diantaranya cinta tanah air,”  imbuhnya.

Sementara, Kepala sekolah SDN Nanggung 01  Mustopa Saputra menyambut baik kedatangan sejumlah mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah, menurutnya kedatanga  mahasiswa tersebut tak lain untuk berkolaborasi dengan tenaga pendidik guna membangun mental para siswa ditengah geliatnya teknologi yang semakin canggih.

Dengan menyamakan persepsi, kata Mustopa, berkolaborasi dengan para mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah sama-sama membagun karakter siswa di sekolah.  

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles